Review Stand Up Comedy Special: Maaf Saya Bebas

10.00

 Halo! mau cerita sedikit nih biar nggak lupa juga, jadi kemaren saya baru aja nonton stand up comedy special by Coki Pardede yang judulnya "Maaf Saya Bebas". Agak bingung juga sih sebenernya, gimana caranya bisa ceritain event tersebut tanpa spoiler isi materinya hehe. Langsung aja deh kita ke pembahasannya.

Intro

Jadi Event yang diadakan 18 Februari 2023 di Tennis Indoor Senayan itu merupakan pertunjukkan Stand Up sekaligus merayakan bebasnya Coki dari rehabilitasi setelah dia kedapatan menggunakan narkoba. Kalau ngga salah, event ini tuh sudah direncanakan dari 1-2 tahun lalu. Tapi waktu itu ketunda gara-gara pandemi. Lalu ditunda lagi gara-gara dia ketangkep. Dan akhirnya bisa terlaksana juga sekarang.

Awalnya saya agak ragu sih mau beli tiket event ini. Kenapa? soalnya saya tipe orang yang kalo ada comedy stand up selalu diputer berkali-kali karena lucu. Jadi seringnya beli digital download. Nah belom lama ini juga ada Stand Up dari Pandji, tapi banyak review yang bilang kalo audionya ga bagus, dan posisi tiket menentukan enak atau nggaknya pertunjukkan. Jadinya saya selalu tunda-tunda untuk beli tiket ini. Ditambah harga tiket yang juga nggak murah. Waktu itu minimal 500rb.


Nah tiba-tiba di minggu terakhir, ada pembukaan tiket tambahan yang paling murah jadi 350rb. Langsung deh sikat. Walaupun agak ragu, karena posisinya ada disisi samping panggung. Waktu itu belinya di loket.com kalau nggak salah. Dan sistemnya juga mudah buat temen-temen yang masih awam. (masukkan juga buat standup comedian lain yang masih sistem beli tiketnya pakai WA :/ itu ribett dan terasa ga safe).

Pre-Show

Langsung aja kita ke hari H. yang saya nggak tau soal venue ini adalah parkiran. Saya pikir Tennis Indoor itu nggak ada parkiran mobil, jadinya saya parkir di GBK bagian yang deket FX. Jadilah harus jalan cukup jauh sekitar 800m. Nah pembukaan penukaran tiket dimulai sekitar jam 1 siang. Dan open gate infonya dari jam 5 sore. Sayangnya saya lupa buat foto-foto seperti apa kondisi venue-nya waktu itu.



Gambaran gampangnya, konsep acaranya tuh kaya "Dark & Prison" gitu. Jadi pas awal kita masuk buat screening barang bawaan, kita bakal melewati sebuah Gate bertuliskan "Lapas" atau penjara buat Deadwood. Setelah itu kita diarahkan masuk ke ruang rahasia yang ternyata isinya adalah penjara dengan jeruji. Disana ada sekelompok orang yang memerankan sebagai tahanan gitu. Buat yang suka sih seru, buat yang ngga doyan teatrikal gitu jadinya cringe :( apalagi pas tahanannya udah capek ngeladenin banyak orang, jadinya ya kaya mas-mas nongkrong aja.

Usai dari situ, kita akan melihat banyak merchendise yang dijual berupa kaos-kaos bertemakan "dark". Dan akhirnya ke loket-loket kecil untuk menukarkan tiket menjadi gelang. Yang agak disayangkan adalah alur pengunjung untuk menukar tiket rasanya agak membingungkan ketika sudah selesai. Kayak nggak tau harus kemana keluarnya.

Setelah dirasa waktunya untuk masuk datang, penonton ternyata harus antri lagi di gate yang sama dengan penonton yang akan menukarkan tiketnya. Padahal harusnya ada gate terpisah untuk penonton yang baru mau menukar tiket, dan yang tinggal masuk.

Untuk penonton tiket murah, kami diarahkan ke sisi kanan dan kiri tribun. Dan siapa cepat ya dia dapat posisi yang enak atau tidak. Kebetulan posisi saya lumayan enak karena tidak jauh dari tangga. 

Ohya! awalnya aku pikir disini rulesnya Hape bakal di segel dengan kantong gitu, ternyata enggak. Hape tetap dibawa masing-masing penonton, dan boleh berfoto untuk instastory, tapi tidak boleh untuk membuat video. Meski begitu masih banyak aja yang bikin video hmmm, apakah aman? wkwk.

Main Show

Selama menunggu acara dimulai, kita disuguhkan oleh penampilan Arya GHIBAH dan McDanny exNarkoboy wkwk. Mereka nanya-nanyain penonton sambil di roasting. Lucu banget sih kombonya, sayangnya soundnya terasa kurang berasa ke penonton tribun. Jadi bener-bener harus fokus dengerinnya biar tau obrolan/ jokesnya. Kira-kira mereka ngebawa acara sampai jam 7 barulah dimulai dari opener pertama.

Adriano Qolbi. Komedian favorit saya sejak saya coba dengerin 2 Stand up Specialnya di Comika. Sayangnya stand up terakhirnya belum bisa saya tonton. Semoga aja ada Digital Downloadnya, kalaupun mahal bakal tetep kubeli sih, karena jokesnya Adri tuh bagus bagus. Bukan nyari benernya, tapi nyari dimana lucunya. Keren sih performnya dia, tapi lagi-lagi, karena audio yang agak kurang maksimal, jadinya suara adri agak kayak kumur-kumur dan kurang clear.

Tretan Muslim. Duo dari musuh masyarakat origin, tampil dengan kostum ormas putih. Sangat cocok dengan kegiatan yang juga bersebelahan dengan venue ini, Maulid Nabi. Gila sih jokesnya muslim sangat-sangat berani dan berbahaya. Tapi puas banget nontonnya. LPMnya kenceng parah. Tapi entah kenapa rasanya kayak cepet banget dia performnya, apakah durasinya beda dengan adri? hmm. Dan ending actnya, si Muslim malah jatoh dari panggung pas mau balik ke backstage wkwk. Orang-orang langsung pada ketawa dan heboh. Ini beneran apa akting?? 

Raja Terakhir, Coki Pardede pun tampil dengan kostum serba orange seperti Napi Rutan Deadwood. Dia muncul dari layar backdrop yang membelah jadi 2. Sungguh-sungguh seperti acara take me out cok! Seluruh crowd pun berdiri dan memberi sambutan meriah. Sangat menyenangkan sekali bisa mendengar kembali jokes-jokes coki yang bernada-nada. Disini coki membagi jokesnya ke beberapa tahap, dari mulai yang aman sampai sangat menyinggung. Membahas apa? banyak, dari mulai fakta-fakta dia di tangkap, kondisi di dalam rehab, hal-hal yang sedang viral, kehidupan pribadinya dsb. Sangat menarik. Dan akan lebih menarik kalau bisa di playback sih wkwk.

Pertunjukkan pun berakhir sekitar pukul 10 malam. Untungnya karena untuk keluar area, panitia meminta bagian tribun yang keluar duluan, jadinya tidak perlu berdesak-desakan, dan aman. Sayangnya saya harus berjalan jauh lagi ke parkiran. Suatu pertunjukkan yang menarik dengan segala kekurangannya. Layak diapresiasi.

Verdict

Apakah saya akan menonton live stand up special lagi? sepertinya kalau ada pilihan digital download, saya akan lebih prefer beli digital download. Kalaupun nonton special, harus yang posisi duduknya bagus atau tidak terlalu banyak orang seperti langsung di comedy cafe/ comika. Jadi mulai mikir, punya S23 enak kali ya buat nonton dari tribun gini wkw.

You Might Also Like

0 comment