Belajar membuat Market Research Part 1

09.26

 Halo! kali ini aku mau share sedikit nih, bagaimana sih cara membuat Market Research secara global yang mungkin temen-temen ada yang lagi mempelajarinya, terutama untuk riset pasar produk properti, contohnya disini adalah apartemen. Udahlah ya, langsung aja kita ke intinya.

Definisi

Market Research sendiri secara definisi adalah sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di bidang pemasaran untuk memberikan informasi atau gambaran tentang jenis produk dan jasa baru apa yang bisa mendatangkan keuntungan bagi sebuah bisnis.

Menurut American Marketing Association (AMA), riset pemasaran adalah fungsi yang dapat menghubungkan antara pihak pemasar dengan konsumen dan publik melalui informasi dalam mengidentifikasi peluang maupun masalah dalam pemasaran. 

Meskipun secara definisi terdapat kata "market", dan "pemasaran", tidak selalu kegiatan ini dilakukan oleh tim Marketing. Umumnya bisa dilakukan oleh tim Marketing, tapi belakangan, fungsi ini dipecah ke divisi yang berbeda. Sehingga tim Marketing fokus pada 'riset' metode penjualan untuk produk eksisting atau yang sudah ada, sedangkan tim Business Development fokus pada 'riset' produk baru yang dapat mendatangkan keuntungan di masa mendatang.

Tujuan

Secara umum dalam sebuah Market Research, kita harus pahami dulu apa tujuan dari studi yang temen-temen akan lakukan. Dalam konteks pekerjaan, biasanya sebuah Market Research yang dilakukan internal ataupun eksternal dalam hal ini konsultan untuk pengembang properti adalah untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi pasar atas produk yang akan dituju.

Contohnya, kita bisa menanyakan ke diri kita sendiri beberapa hal ini ketika kita ingin mengembangkan perumahan baru, 

1. Apakah Perumahan baru yang akan kita kembangkan dapat bersaing dengan perumahan-perumahan sekitar yang sudah ada?

2. Apakah Perumahan baru yang akan kita kembangkan cocok dengan selera pasar saat ini?

3. Apakah Perumahan baru yang akan kita kembangkan harganya pantas jika bersaing dengan perumahan baru lain di sekitar lokasi?

4. Apakah kondisi sekitar seperti fasilitas umum, fasilitas sosial dll mendukung adanya perumahan baru kita nanti?

dan pertanyaan-pertanyaan lain yang harus kita tanyakan saat akan membuat market research.

Nah beberapa hal yang menjadi konten utama dalam sebuah Market Research diantaranya adalah

1. Analisis Lokasi dan Tapak

2. Analisis Pasar "produk properti"

3. Analisis Pasar "produk pendukung"

Nah langsung aja kita masuk ke masing-masing sub-bab tersebut.

1. Analisis Lokasi dan Tapak

Dalam riset pasar untuk produk properti, analisis terhadap lokasi dan tapak merupakan hal yang wajib dilakukan. Mengingat faktor lokasi menjadi hal yang sangat berpengaruh bagi konsumen dalam memiliki produk properti. Biasanya ada beberapa parameter yang perlu di paparkan dalam presentasi analisis lokasi dan tapak, diantaranya:

  • Informasi detail Lokasi lahan yang menggambarkan jalan, kecamatan, kota, provinsi hingga kondisi fisik yang menunjang atau menghambat pengembangan
  • Informasi regulasi lahan dari Dinas Tata Ruang yang menjelaskan jenis/ fungsi bangunan apa saja yang dapat dikembangkan pada tapak
  • Jarak dengan Akses Publik seperti jalan utama (arteri), jarak dengan Tol terdekat, atau transportasi umum seperti KRL dsb
  • Pendalaman mengenai potensi pengembangan akses baru, seperti mungkin adanya rencana akan dilewati MRT atau LRT dsb.
  • Pengembangan sekitar subyek tapak. Biasanya dibuat dalam bentuk radius 3-5km dari lahan. Kira-kira ada pengembangan apa saja. Contoh, apakah dalam radius 3-5km ada area komersial, ada fasum fasos maupun produk yang sama dengan apa yang akan kita kembangkan.
Contoh Analisis Lokasi Makro secara Sederhana

Contoh Positioning Tapak pada rencana Trase LRT

Sehingga, agar materi kajian dapat lebih kaya informasi, perlu banyaknya gambar-gambar yang menunjukkan potensi-potensi tersebut. Sehingga skill powerpoint/ grafis kamu akan sangat diasah juga disini.

Setelah hal-hal tersebut dituangkan dalam pertimbangan/ materi presentasi, barulah kita dapat membuat SWOC (Strength, Weakness, Opportunity, Challange) dari sub bab tentang analisis lokasi dan tapak. Contoh SWOC salah satunya seperti ini :

A. Kekuatan / Strengths

- Subyek tapak berada pada kawasan yang sudah mapan dengan populasi yang padat

- Memiliki keterkaitan akses yang sangat baik karena menjadi salah satu penghubung utama ke beberapa jalan utama dan tol (multiple Access) ke Jakarta dan sekitarnya

- Dalam radius 500m ke pintu tol

B. Kelemahan / Weakness

- Lokasi tapak didominasi oleh profil usaha kecil dan menengah yang akan mempengaruhi image kawasan

- Akses utama tapak sering terjadi kemacetan

C. Peluang / Opportunities

- Memiliki akses langsung ke stasiun LRT

- Kepadatan kendaraan di jalan utama menjadi peluang sektor ritel menangkap traffic pengunjung

D. Tantangan / Challanges

- Keterlambatan penyelesaian pembebasan lahan karena masih diduduki oleh warga ilegal.

Gimana? kira-kira udah bisa belum nih membuat Market Riset Bab Analisis Lokasi dan Tapak? harusnya sih udah bisa yaa. Nanti kita lanjutin lagi ke Bab selanjutnya! ditunggu yaa

You Might Also Like

0 comment