Program Insentif PPN Rumah Baru

20.20

Halo, teman-teman! Apakah kalian sudah tahu kabar terbaru dari pemerintah tentang insentif PPN rumah baru? Jika belum, jangan khawatir, disini aku mau coba sharing sedikit informasi tentang hal program Insentif PPN untuk rumah atau hunian baru di artikel ini. 😊

PPN atau Pajak Pertambahan Nilai adalah pajak yang dikenakan atas penyerahan barang dan jasa. PPN biasanya ditanggung oleh pembeli, tetapi ada beberapa pengecualian, salah satunya adalah untuk pembelian rumah baru. Pemerintah memberikan insentif PPN DTP sebesar 50% atas penyerahan rumah dengan harga di bawah Rp2 miliar. Pembebasan PPN DTP sebesar 25% atas penyerahan hunian dengan harga Rp2 miliar-Rp 5 miliar. Pemberian insentif ini berlaku selama 9 bulan sepanjang tahun 2022, tepatnya sampai bulan September 20221.

Tapi tunggu dulu, teman-teman! Ada kabar lebih baik lagi! Pemerintah akan memberikan insentif PPN DTP sebesar 100% untuk pembelian rumah komersil dengan harga di bawah Rp 2 miliar. Berlaku mulai November 2023 sampai Juni 2024. Selepas itu, besaran insentif PPN DTP yang diberikan berkurang menjadi 50%. Berlaku mulai Juli 2024 hingga Desember 20242.

Kenapa Insentif PPN ini menarik? karena temen-temen bisa membeli rumah dengan harga yang lebih murah. Anggap saja diskon 11% untuk rumah baru. Bayangkan, jika harga rumah saat ini sudah 1 Miliar. Kamu bisa menghemat hingga 99 juta! Jadinya apa? cicilan KPR kamu bisa lebih hemat.

Terus ketentuannya apa aja? nah, sampai saat ini, peraturan PMKnya sendiri belum rilis, tapi sudah ada sedikit bocoran, yakni :

  • Bisa berupa Rumah Tapak atau Rumah Susun
  • Siap Huni atau Siap Serah terima di masa Periode Insentif PPN
  • Harga hingga 2 Miliar ditanggung PPNnya
  • Bukan rumah second/ bekas
  • Tidak boleh dijual kembali dalam kurun waktu 1 tahun

Nah, itu dia sedikit ketentuan untuk mendapatkan insentif PPN DTP yang sangat menguntungkan ini. Apakah kalian sudah tertarik untuk membeli rumah baru? Jika ya, mending buruan Reservasi sekarang! Apalagi di Vasaka lagi banyak promo, Free DP dan Iphone 15 Pro. Cuma bayar booking 15 juta, udah bisa dapet rumah siap Huni, dan hape Baru pula!


Saya harap artikel ini bermanfaat dan menarik bagi kalian semua. Jika kalian suka artikel ini, jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian yang juga sedang mencari rumah baru. Jika kalian punya pertanyaan atau saran tentang insentif PPN DTP, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Saya akan mencoba menjawab sebaik mungkin. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! 😊

You Might Also Like

0 comment