Seperti apa Kuliah Arsitektur ?

19.43

Pameran Sejarah Arsitektur 2 (karya saya yang atas) dari kiri ada dewa, mahen, saya, ogi
Halo! Saya mau mencoba menulis sesuatu yang berguna deh sesekali hehe. Setelah kuliah 3 tahun di Arsitektur UNDIP, mungkin ini saat yang tepat bagi saya untuk memberi gambaran tentang bagaimana lika-liku kehidupan ber-arsitektur ria. Kalau masalah polemik kerja di dunia arsitektur mungkin belum tepat, karena pengalaman saya masih sedikit, meski sudah merasakan beberapa proyek kecil. Rencananya, bila tidak ada halangan, semester depan saya sudah ambil Tugas Akhir, atau bahasa lainnya skripsi ya. Alhamdulilah semua SKS sudah dilumat habis, hingga pada semester 7 ini, saya hanya perlu mengambil 13 SKS!

Sebenernya bingung juga nih mau mulai dari mana ceritanya, tapi akan saya coba mulai dari perjalanan awal ketika berada di kuliah Jurusan Arsitektur. Secara garis besar, kuliah di arsitektur itu menyenangkan. Ada cukup banyak gosip yang beredar bahwa untuk bisa jadi Arsitek harus jago matematika! harus jago fisika! bisa gambar sambil merem! eiiits tunggu dulu, tidak semuanya benar. TAPI! kalo kamu menguasai semua itu, yaaaa kamu bakal jadi keren aja dikampus hahaha. Kasarnya, banyak kok temen-temen dan saya sendiri yang nggak jago itu semua, gak jago kok bangga, tapi memang penekanan dalam dunia arsitektur tidak hanya pada hal itu semata.

Kuliah di Arsitektur, itu ibarat mau makan gorengan pake cabe, enak sih, mantep, pedes-pedes gimana gitu, tapi mesti sediain minum *lah? Dimanapun kuliahnya, prinsip kuliah di Arsitektur kurang lebih sama, mengajarkan kita untuk selalu banyak melihat, banyak berpikir kritis tentang "kenapa sih bentuknya harus begini ? kenapa gak begini ?" Contoh sederhana, kamu pernah nggak berpikir, kenapa kapur papan tulis bentuknya tabung memanjang? kenapa di bagian bawah lebih besar dari bagian atas? kenapa? Jawab WOY! hahaha. Kurang lebih kamu akan banyak bertanya-tanya seperti itu, mengenai bangunan, bentuk, fungsinya, dsb. Kita juga akan banyak diajarin hal-hal yang dianggap sepele dan kadang bikin kita sebel sendiri, buat apa sih dipikirin -_- eh ternyata dibalik semua itu penting banget buat dipikirin.

Kuliah di Arsitektur, itu ibarat artis. Dilayar televisi, kita harus memperlihatkan sisi cantik, namun dibelakang layar ternyata kita harus kerja rodi pagi sampe pagi lagi. Ini bukan mitos, tapi fakta. Kalau di arsitektur itu kuliahnya ngga banyak teori, paling kita hanya diajarkan prinsip atau mekanisme dasar dari sebuah ilmu maupun studi kasus pada desain yang sudah ada, sisanya? tugas! Tugasnya sendiri beragam ya, di semester awal, mungkin tugasnya lebih ke membuat benda-benda seni. tujuannya untuk melatih kepekaan kita terhadap seni. Beranjak ke semester yang lebih tua, biasanya mulai bermain di eksplorasi bentuk bangunan, bikin-bikin gambar dsb. Kalau kamu pinter bagi waktu, biasanya sih nggak perlu lembur, tapi kalo kurang pinter bagi waktu, mau nggak mau kadang harus lembur sampe berhari-hari. asal gak minum kratingdaeng aja ya ! hehe





iseng tuh seru
yaa intinya mah, kuliah dimana aja, jurusan apa aja ya asik-asik aja selama kita suka dan enjoy hehe. saya pribadi enjoy kuliah di arsitektur, terlebih karena saya memang orang yang dari dulu seneng gambar2, seneng berkreasi, dan senang menumpahkan ide-ide dimana saja hehe. terlebih di arsitektur itu kompetisinya lumayan ketat, karena kamu harus berani jadi orang yang 'nonjol'. kamu harus berani memamerkan desain dan karyamu. bukannya jadi sombong, tapi tanpa orang lain tau karyamu, kamu gak akan keliatan di arsitektur. makanya di arsi sering banget ada pemeran hasil tugas, bahkan tugas seringkali di 'lombakan' biar keliatan mana yang paling jago desain. Jangan lupa buat mempersiapkan diri, terutama softwarenya. Tipsnya udah ada disini soal Software Wajib buat Anak Arsitektur.

dari yang awalnya bikin kamar norak kaya gini (semester 3)
sampai akhirnya bisa bikin yang seperti ini (graduate)

uniknya di arsi adalah, nilai itu relatif bro ! yap, karena bagus atau tidaknya desain memang relatif. kadang menurut dosen ini bagus, menurut dosen itu kurang dsb. jadi kalo dilihat seksama, yang paling jadi tolak ukur seperti ketepatan struktur, ketepatan besaran ruang, standar pengguna, dan kreasi penggunaan material. kurang lebih ya seperti itulah randomnya kuliah di arsi.

kalo di arsitektur, jangan heran misalnya ada yg sombong gini, "gue belom tidur nih seharian -_-"... "ah itu mah biasa! gue belom tidur seminggu !" *lebay. sebenernya gak sehat ya, jangan ditiru. sering-sering aja ke KFC bro *eh. kalo mau kuliah di arsitektur, sebisa mungkin jaga pola hidup sehat, dan tegas sama jadwal main-nugas. Baca pula gimana rasanya saat saya menghadapi sidang tugas akhir Arsitektur sebagai bayangan kamu jika masuk kuliah Arsitektur.

Dan tak hanya di Arsitektur, dimanapun itu, kalau kinerjanya lamban, berarti mainnya dikurangi. kalau cepet kerjanya, baru deh nggak apa mainnya banyak hehe. Nah kalau kamu ingin tau gimana rasanya setelah lulus kuliah di Arsitektur dan melanjutkan pekerjaan di Bidang ini, kamu bisa baca artikel yang udah aku buat tentang Junior Arsitek di Airmas Asri, salah satu konsultan Arsitektur terbesar di Indonesia.

You Might Also Like

196 comment

  1. cerita anak anak2 jurusan arsitektur dimana-mana kayaknya hampir serupa semua.. di UNSYIAH juga gitu

    BalasHapus
  2. oh iya kak, lebih banyak kreasi pake IT atau tangan sendiri? kira2 berapa pembagian persenanya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih mengarah pada sketsa sih di semester awal. soalnya nanti kepake buat bikin ide2 gitu. smester 3 keatas uda minta hasil akhir pake komputer, tapi tetep prosesnya memperlihatkan perjalanan sketsa biasanya

      Hapus
  3. Kak, aku pengen masuk Arsitektur UNDIP juga. Doakan.

    BalasHapus
  4. Jadi kalau kita mau jadi arsitek tapi nggak jago matematika dan fisika gpp? Kayak misal pengen masuk arsitektur karena memang suka desain dan gambar?

    BalasHapus
  5. Jadi kalau kita mau jadi arsitek tapi nggak jago matematika dan fisika gpp? Kayak misal pengen masuk arsitektur karena memang suka desain dan gambar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga masalah kok. di ars yang penting kreatif sih hhe

      Hapus
    2. Ka... Aku kan ga bisa banget yang namanya matematika apalagi fisika... Tapi aku itu bisa dibilang jago desain dan terbukti lumayan sering menang lomba... Nah apa kalo mau masuk jurusan arsitektur harus sekolah sma dn ambil jurusan IPA atau IPS aja? Karna banyak juga yang bilang mau IPA mau IPS tetep aja di kuloah nanti diajarin dasarnya.

      Hapus
  6. kak, di UNDIP itu dapet sertifikat profesi gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. info yang saya dapat sampai hari ini, sertifikat profesi tidak didapat dari jenjang S1. Sehingga untuk berprofesi, atau membuka praktek sendiri, kita harus mendaftar ke asosiasi arsitek (IAI), dan sertifikasi itu minimal 3 tahun pengalaman kerja dibidang arsitektur. Ada juga sekolah profesi, namun saya belum tahu apa outputnya. salah satunya yg membuka sekolah profesi arsitek yakni UI

      Hapus
  7. Kalo boleh tau prospek kerja arsitek apa aja? Dan kebanyakan lulusan undip bekerja dmn aja? Thx

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Minta pin bb abang bisa... heheh banya yang mau d tanyakan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung ditanyakan disini, biar yang lain juga bisa menyimak atau menambahkan jika ada kekurangan :)

      Hapus
  10. Untuk prospek kerja arsitektur undip kak.

    BalasHapus
  11. Untuk prospek kerja arsitektur undip kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dunia kerja tuh luas banget, itu balik ke orangnya sendiri nanti bakal ke arah mana. minat dan kemampuan pribadi tuh berperan besar. belum tentu kuliah di arsitek akan jadi arsitek, masuk ke Bank pun bisa. jadi guru pun juga bisa! kalau mau coba baca ini http://www.fahryadam.com/2014/10/junior-arsitek-di-airmas-asri.html

      Hapus
  12. Bang, gua masih SMA nihh dan gua juga minat dijurusan arsitektur. Klo boleh tau ada group line para arsitektur nggk ya.? soalnya gua pengen masuk group itu juga, buat nambah nambah wawasan tentang arsitektur hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo grup line umum sih kurang tau ya, di facebook banyak kok grup arsitek buat umum, banyak juga yang suka tanya2 ataupun sharing. coba di cari aja

      Hapus
    2. Oke, thanks yaaa bang. Mudah mudahan abang jadi seorang arsitektur besar aminnn....

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. bang, bagi tips buat bisa ngatur jadwal biar engga sering lembur dong. hhehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha, lembur tuh artinya ngerjain tugas overtime, diluar jam yang seharusnya (jam kerja) artinya kita mengurangi jam untuk kegiatan lain. lembur tuh menurut saya ada 3 hal, bisa karena kitanya yang kurang giat, bisa krna pekerjaan kita overload (kebanyakan), bisa juga krna kita perfeksionis. coba diresapi aja, disitu kamu bisa tau gimana caranya biar gak sering lembur hhe

      Hapus
  15. Lulusan S1 arsi gelarnya S.Ars kan ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setauku kebanyakan masih ST (sarjana teknik). Di UI dan Unpar kalau ngga salah sudah S.Ars

      Hapus
  16. Kak, aku mau ambil arsitektur undip nih kak, makasih infonya kak, doain juga lulusnya hehe

    BalasHapus
  17. Kak, aku mau ambil arsitektur undip nih kak, makasih infonya kak, doain juga lulusnya hehe

    BalasHapus
  18. Kak.. aku keterima di arsitektur undip nih, makasih banyak kak infonyaa 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah selamat yaa! semangat buat jadi arsiteknya

      Hapus
  19. kak saya masih sma kelas 2..
    didalam bidang angka saya paling lemah alias arghhh >_< ga tau apa apa :v fakta kak -,-
    dalam bidang desain/seni/menggambar aku mungkin 40% kak >_<
    nah kira kira bisa ga masuk kuliah jurusan arsitek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya di jurusan arsitektur itu ngga perlu menghitung yang berat2 kayak logaritma, akar2 dsb. Simpel hanya desain, dimensi, luasan. Tapi... selalu ada mata kuliah matematika, fisika, maupun kalkulus. banyak temen2 yang juga kesulitan di mata kuliah tsbt dan harus mengulang (remedial). but its okay, kalau kamu yakin dgn arsitektur dan menyenangi bidang ini, pasti bisa hhe

      Hapus
  20. Ka saya ingin tanya. Jadi, setiap arsi di univ berbeda punya pendekatan nya masing2,seperti contonya ui pendekatan nya lebih kearah sosial arsitektur itb ke arah teknik nya,ini tidak terlepas siapa yang menjadi dosen,dosen tersebut menganut "aliran" apa, kurang lebih itu info yg saya dapatkan saat expo dibbrp univ. Kalo di undip pendekatan nya(dominan nya) kemana ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul betul, setiap kampus punya cirinya masing-masing. Kalau dari pengelihatan saya sih undip cenderung open. alias ngga tau juga saya hehe. karena di undip diarahkan agar lulusannya mampu adaptasi disegala bidang. sehingga segi teknik dan seni coba diseimbangkan. Nih ya kata bos saya dikantor, dan bukan mendiskreditkan siapa2, lulusan UI punya ciri 'jago ngomong', lulusan ITB 'idealis', lulusan jawa (let say undip dkk) punya karakter ulet/rajin.

      Hapus
  21. Kak apa bedanya teknik arsitektur dengan arsitektur? Lalu bagaimana peluang kerjanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau arsitektur murni, yang dibahas lebih konseptual, pendekatan desainnya lebih banyak diulik, jadi ngga heran kalau murni arsitektur, desainnya lebih mendalam atau imajinatif karena batasan-batasannya dianggap bisa diselesaikan kemudian lewat teknologi dsb.

      kalau teknik arsitektur, mengikutsertakan pelajaran teknik terapan yang akan dipakai pada saat praktek di lapangan, contohnya kayak belajar dasar-dasar struktur, detail, material dsb, sehingga mikirin banget kalau arsitektur harus bisa terbangun, ngga hanya desain.

      peluang kerja keduanya sih kurang lebih sama ya. keduanya tetep dianggap lulusan arsitektur. tergantung nanti mau kerja jadi apa. karena pada saat kerja, tetep dituntut untuk belajar ilmu baru lagi

      Hapus
  22. Kalau minat arsitektur tapi engga jago gambar gimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak ko yang ngga jago juga. lagian sekarang jamannya digital, jadi ngga perlu takut sih kalau memang minat di arsitektur

      Hapus
  23. Kak, boleh minta detail soal sks non-wajib yang arsitektur lansekap? Masih rada bingung itu fokus daerah desainnya gimana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya mata kuliah ttg lanskap atau jurusan arsitektur lanskap? soalnya beda tuh. kalau arsitektur lanskap memang fokus di lanskap. kalau mata kuliah lanskap di arsitektur/teknik arsitektur biasanya cuma sekedarnya (kurang mendalam) yang penting tau pola, kombinasi warna tanaman

      Hapus
  24. Kak aku siswa kelas 12 SMA pengen masuk arsitektur undip. Kira kira persiapan apa yang harus saya siapkan selain belajar untuk tes tertulis? Seperti melatih skil misalnya? Terimakasih kak minta doanya 😊

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. Kak kalo masuk arsitek tu tugasnya berat banget ga ya? Sampe begadang berhari hari gak sih? Aku kepikiran mau masuk arsitek tapi takut gakuat begadang T T

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah jadi kewajiban nanti mau gak mau bakal kuat sih, dan lama2 terbiasa atau bahkan jadi habit buat begadang meski ga ada tugas. apapun jurusannya, pasti punya sesi tugas-tugas yang bikin begadang juga kok

      Hapus
  27. wkwk gtu ya kak kuliah di arsi. aku mah pngn bgt ntr kuliah ambil arsi hehe

    BalasHapus
  28. Kak, biasanya UNDIP buka jalur SNMPTN atau SBMPTN itu tanggal berapa ya? Aku masih bingung banget soalnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku ngga tau kalo itu, harusnya guru kamu lebih paham

      Hapus
  29. Misi kak, mau tanya. Saya sudah akrab sama design grafis alias pakai PSD, Ai, sama Corel, bahkan tau sedikittt tentang AutoCAD, 3DMax, SketchUp, dsb. Jadi, mungkin ada nilai plus di penggunaan digital.
    Tapi kaak, jujur aku ga terbiasa gambar manual pakai tangan, karna udah kebiasa langsung digital. Dan hasil gambar aku rata-rata aja.. Untuk ngesketch juga menurut saya hasilnya ga sebagus hasil yang lain : (
    Menurut kakak, aman tidak ya kalau masuk arsitektur? Saya pingin banget masuk arsi, bayangin kuliahnya ngapain aja udah bikin senyum-senyum sendiri. Tapi, ya masalah sketsa tangan ini yang masih mengganjal. Hehehe makasih kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang sudah senior pun belum tentu sketsanya bagus. kalau memang memiliki minat di arsitektur tentu akan menjadi modal motivasi sehingga pada saat kuliah bisa menjalani dengan enjoy dan maksimal

      Hapus
  30. Ka normal kuliah di jurusan arsitek itu brp tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya 3 tahun 10 bulan. teman2 normalnya banyak yang 4 tahun sudah selesai. tergantung orangnya aja sih. kalau lama bisa sampai 6 tahun.

      Hapus
  31. Kak, mata kuliah yg dipejari ttg apa aja kak? Matematika nya ttg apa? Fisika juga tth apa aja? Soalnya saya ngga begitu suka sama fisika

    BalasHapus
  32. Kak, mata kuliah yg dipejari ttg apa aja kak? Matematika nya ttg apa? Fisika juga tth apa aja? Soalnya saya ngga begitu suka sama fisika

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung universitasnya sih. kalau di undip dulu, matematikanya tidak sampai kalkulus, tapi banyak berkatian dengan trigonometri. kalau fisika, ada mata kuliah Mekanika Teknik, itu mempelajari ttg beban, gaya. balik lagi ke universitasnya, soalnya beda-beda

      Hapus
  33. Saya sih pingin masuk jurusan arsitek saya bisa gambar tapi gak terlalu jago sih. Kalo guru saya jelasin tentang gambar dimensi sketsa atau bangun gitu baru saya bisa. Tapi matematika sama fisika sih lumayan bisa, nah kira-kira bisa atau enggak masuk jurusan arsitek kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih bisa-bisa aja. tergantung minat kamu. kalau memang passion, yang namanya belajar jadi lebih enak. kuliah kaya dari nol lagi kok, jadi sama2 belajar

      Hapus
  34. Ass. kak aku mau nanya tahun ini kan aku pengen banget ngmbil jurusan aritektur, cuma yang jadi kendalanya itu akreditasi jurusan di universitas ny itu masih C, jadi yg tadinya yakin pengen ngmbil jurusan arsi jadi ragu gara-gara akreditasiny yg masih kurang, nah kira-kira akreditasi jurusan itu berpengaruh besar nggak buat kedepannya, contohnya mungkin bisa jadi kendala buat dapet pekerjaan or yg lainnya ? tolong ya kak solusinya, terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, beberapa pekerjaan seperti pegawai negeri terkadang memang harus menyertakan akreditasi universitas saat melamar. kalau swasta umumnya sih ngga, yang penting skill dan seberapa besar universitasnya. tapi ngga bisa dipungkiri bahwa akreditasi itu cukup penting. kalau kamu bisa memilih, sebaiknya lakukan dengan benar dari awal "do it right from the beginning", yakni memilih yg akreditasinya baik. Agar nanti kebelakangnya, peluang kamu buat dapet kerja lebih luas. kenapa ngga coba ambil arsitektur di universitas yang akreditasinya sudah bagus? UI misalnya?

      Hapus
  35. Assalamualaikum kak mau tanya, di arsi itu ada pelajaran proyeksi nggak?
    kalau ada, proyeksinya itu yang kayak apa? apakah banyak pemutaran pemutaran bidang? itu berpengaruh banget ga buat di arsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, jaman saya dulu adanya di mata kuliah gambar arsitektur, itupun cuma sepenggal aja ngga terlalu mendalam. biasanya memang hanya memproyeksikan denah menjadi gambar 3 dimensi menggunakan penggaris. dan selama 4 tahun kuliah, hanya dipake di mata kuliah itu aja sih hhe

      Hapus
  36. kak mau tanya bedanya jurusan aristektur SAPPK dengan teknik arsitektur itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAPPK setau saya hanya ada di ITB. SAPPK kan terdiri dari planologi, arsitektur dsb. harusnya sih sama aja. dan yang saya tahu, lulusan arsi itb tetep Sarjana Teknik, bukan Sarjana Ars. Yang S.Ars setau saya UI, sori kalau keliru

      Hapus
  37. kak, saya pengen kuliah arsitektur. saya cukup dikatakan lihai dalam menggambar, dalam hitung hitungan cukup bisa. saya takut jika mengambil kuliah arsitek, takut susah mencari pekerjaan. jadi kalo kuliah arsitektur, prospek kerjanya gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. prospek kerja arsitektur biasanya di konsultan, developer atau kontraktor. range gaji bervariasi, kamu bisa cek di google. kadang pns juga menerima arsitek seperti kementrian PU, perumnas, dsb. sejauh yg saya tau, memang lowongan arsitektur lebih jarang ketimbang sipil. banyak juga teman saya dari arsitek masuknya ke bank dsb. kalau mau fokus memang lingkup pekerjaan arsitek seputar dunia konstruksi

      Hapus
  38. Kak aku bca blog sebelah ktanya persentase lulusan jurusan arsitektur bisa mnjadi seorang arsitek itu kecil ya kak? Faktornya apa kak? Apa karena lapangan pekerjaan arsitek sempit atau apa ka? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jadi arsitek beneran itu perlu waktu, ada sertifikasinya. selama belum memenuhi, namanya masih kerja sama orang. mungkin arsitek yg dimaksud adalah arsitek yg punya biro sendiri, memimpin tim dsb. path menuju sana ngga sebentar, perlu pengalaman, dan gak banyak yg mau ambil jalur itu karena gaji di prosesnya kecil ketimbang profesi lain.

      Hapus
  39. Ka, saya baru lolos sbmptn arsi undip tapi juga lolos usm arsi unpar. Jujur saya bingung banget mau ambil yang mana, soalnya denger2 arsi unpar kan bagus banget (katanya terbaik se asia tenggara juga) tapi arsi undip juga top nya negri. Nah, kalo menurut pengalaman kaka cari kerja di jakarta, negri/swasta yang sama bagusnya itu ngaruh gasih ka? Trus S. Ars sama S.T. Tuh dipandangnya sama aja kaah? Makasih ka infonyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh galau ya hehe. kalau kamu rencana kerja di konsultan/developer swasta, lulusan unpar emg biasanya banyak dicari, karena pola pikir desainnya bagus-bagus dan kreatif. banyak top arsitek indonesia juga dari lulusan unpar.

      tapi kalau kamu ada rencana masuk pegawai negeri, kementrian dll, almamater universitas negeri cukup membantu. Lulusan undip banyak juga yang kerja di kementrian PU. Tapi ya rejeki ngga ada yg tau ya, pilih aja sesuai kebutuhan dan keyakinanmu. yg paling penting kamu ngejalaninnya dengan enjoy dan berusaha maksimal buat jadi yg terbaik.

      kalau soal S.Ars atau ST ngga berpengaruh kok. Saya udah kerja aja gak bawa2 nama ST tuh, cuma gelar doang sih. yg penting keahlian dan pengalamannya. mungkin berpengaruh kalau ada lowongan di pekerjaan negeri, kaya requirement (Teknik Arsitektur) dengan (Arsitektur murni) apakah sama atau beda itu saya belum tahu.

      setahu saya, anak Ars UI itu pakai S.Ars, dan ngga ada masalah saat apply kerja yang requirementnya Teknik Arsitektur. semoga jawabannya membantu ya

      Hapus
  40. Kak alhamdulillah saya diterima di arsi undip, kirakira semester awal kegiatannya apa aja&apa aja yang harus disiapin ya kak? Terimakasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah, apa ya hehe, awal semester saya kan udah 7 tahun lalu, pastinya banyak berubah skrg. info2 paling update bisa coba cek "amoghasida" itu himpunannya arsi Undip.

      palingan sih siapin aja perangkat gambar, karena semester awal bakal banyak banget kegiatan bikin sketsa

      Hapus
    2. Ohiya kak satu lagi hehe, buku / textbook gitu yang diperluin apa aja ya kak terimakasiih

      Hapus
    3. ooh kalo buku bacaan biasanya sih buku tulisan DK.Ching, Data Arsitek Neufert, itu sih yg saya inget. ngga wajib, namun referensi standar2 dan pengetahuan dasar arsitek bisa dibaca dari situ. kalo soal desain biasanya sih banyakin aja majalah2 arsitektur atau buku arsitektur luar negri

      Hapus
  41. kak banyak yg bilang jurusan ars itu tanggug mending teknik sipil, menurut kakak gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm menurut saya sih jurusan dibentuk karena adanya kebutuhan khusus didunia kerja nantinya. makanya setiap jurusan punya spesialisasi kerjanya masing-masing. kalau dibilang tanggung sih ngga ya, tapi jurusan teknik sipil cenderung lebih bisa digunakan pada berbagai aspek pekerjaan, karena ngga ngomongin soal struktur melulu, tapi juga ada sisi manajemen proyeknya. sedangkan di arsi lebih banyak soal human culture dan desain. balik lagi sih minatnya kemana.

      Hapus
  42. kak materi fisaka dan matematika di arsi itu apa aja ? , trus materi dasar yang harus dikuasai dari SMA apa aja?, termakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda beda sih, tergantung universitasnya. Ada yang minta sampai kalkulus, ada juga yang cukup sampai trigonometri. Kalau fisikanya lebih banyak membahas soal gaya (newton) seinget saya. Judul kuliahnya mekanika teknik.

      Hapus
  43. kak, saya sangat suka dan minat di mata pelajaran matematika dan fisika. saya jg cukup menguasai di bidang desain digital semisal menggunakan ps, corel dsb. tapi yg saya takutkan, saya org nya kurang kreatif kak, tp cukup bisa mengembangkan ide ide yg sudah ada. menurut kakak saya msh bisa gak ya ngambil Jurusan arsitektur? Karena tahun depan saya ingin ngambil jurusan arsitektur di undip (skrg saya baru naik kls 12)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa-bisa aja kok. menurut saya sih yg paling penting minat kamu aja. kalo enjoy, nanti ngejalaninnya ringan. di arsitektur memang rata2 mengembangkan ide-ide yg sudah ada sih, kalau benar-benar orisinil itu cukup sulit. pengalaman saya di dunia kerja pun, kita tetep harus punya referensi kalau mau mendesain biar klien tau nanti hasilnya bakal seperti apa (mirip2 sama apa gitu)

      Hapus
  44. Halo kak, Undip itu kan ada Arsitektur S1 dan D3nya. Itu perbedaannya apa ya kak dari segi perkuliahan, prospek kerja, dllnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya sih, kalau S1 banyak membahas mengenai konsep desain dan teori, kalau D3 cenderung ke praktek persiapan dunia kerja terutama dari segi gambar kerja. tentu S1 gajinya beda dengan D3. S1 arsi banyak yang jadi junior arsitek, kalau D3 jadi drafter (pembuat gambar kerja). Ada juga yang dari D3 ngambil kuliah lagi buat dapetin gelar S1. jaman sekarang, S1 aja banyak yg bilang ngga cukup, jadi banyak yang ambil S2

      Hapus
  45. Anak IPS bisa ngikutin gk yah kuliah di arsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm setau saya sih judulnya Teknik Arsitektur, jadi memang lebih condong buat IPA. saya adanya temen IPS masuk ke Desain Interior. Kalau IPS ke ars belum tahu ya. Kalau masalah bisa ngikutin atau ngga, itu balik ke pribadi masing-masing. coba di cek aja mata kuliah arsitektur dari universitas yang dituju, biasanya ada deskripsi mata kuliah tsb membahas apa

      Hapus
    2. Waduh masalahnya saya dari sma lulusan IPS lulus SNMPTN tahun ini pada prodi Arsitektur, ngeliat pengalaman di atas saya masih belum yakin

      Hapus
    3. Sementara pas di sekolah tidak dapat pelajaran Fisika sama sekali

      Hapus
    4. hehe diikutin aja pelajarannya, brarti belajarnya mesti lebih ekstra nanti. biasanya untuk matakuliah yang ada ngitung2 gitu, suka ada belajar bareng atau bimbingan dari senior

      Hapus
  46. Hi ka aku pingin tau silabus dan kurikulum arsitektur undip,tapi ko agak susah ya nyarinya,terutama silabusnya,mungkin kaka ada info?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya saya juga udah ngga tau hehe, bisa coba email ke jurusan atau buka ini https://laciarsip.wordpress.com/dosen-wali/kurikulum-8-semester/ disitu ada list mata kuliah sih, cuman belum ada penjelasan masing-masingnya apa

      Hapus
  47. Kak saya kls 12 skrg dan jujur pengen bgt buat masuk arsi. Ortu mengijinkan tp takut sy gakuat dan sy sndiri takut kalah saing sama mahasiswa lain yg udh jago bgt gambarnya sdgkan saya disini gambar masi kaya anak tk. Pertanyaan ini emg klise bgt tp dr pengalaman kakak, prnh gaksi kakak nemuin mahasiswa (atau bahkan tmn sndiri) yg awalnya gabisa apa2 dan dia bener2 bljr dr 0 smpe akhirnya dia bisa bersaing sama tmn2 lainnya? Btw thanks bgt buat artikel kaya gini, bener2 ngebantu anak2 sma yg masih bimbang buat masuk arsi. God bless kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, ngga kuat kenapa? ya anggap aja kaya sekolah. bedanya kalo kuliah, kamu nggak ada guru yang ngingetin atau marahin ketika kamu males, semua bener2 kesadaran pribadi aja buat bikin yang terbaik. kalo sekolah, kita belajar di sekolah, pulangnya ikut les. kalo kuliah, paginya ke kampus, pulangnya main sama ngerjain tugas. udah gitu2 aja :p

      aku ngga tau ya kalau yang dari 0 hehe. ada contoh kasus nih, dlu ada temen di awal semester dia udah kaya dewa bgt, jago banget deh gambarnya, tapi di lama kelamaan dia menghilang, tenggalam.

      kalo contoh kasusnya saya sendiri sih, saya ngerasa saya gabisa apa2 pas pertama. yang saya tau, saya suka gambar, tapi bukan berarti saya jago gambar. ya saya ikutin aja alurnya, berusaha yang terbaik, cari pergaulan yang baik. apalagi kalau kuliahnya jauh, biasanya nanti lebih wise buat memanfaatkan waktu. lama kelamaan, ya saya bisa jadi seperti sekarang :) kalo kamunya baik, jujur, dan pekerja keras, ada aja kok jalannya.

      Hapus
  48. Kak aku msih bngung nih mau ambil jurusan apa. tpi aku sendiri ada niatan dan berkeinginan buat ambil jurusan arsitek, soalnya aku suka gambar, trus tugas gambar disekolah aku juga sering dapet nilai bagus, temen-temenku jga sering menilai gambaranku itu bagus .nah diarsitek itu kan melekat sama matematika dan fisika, nah padahal aku lemah kak dalam berhitung .menurut kakak gimana, apakah aku hrus tetap mengambil keinginanku itu atau enggak ?dan diarsitek itu menekan pada apa sih kak, menggambar atau berhitung ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. matematika dan fisika memang ada mata kuliahnya, dan itu memang cukup sulit kok hampir buat semua mahasiswa. tapi itu hanya diawal-awal. setelah dilewati, nanti sebenernya juga ngga banyak kepake saat mendesain. kalau memang suka gambar, mungkin bisa lebih di 'spesifik'-an suka gambar seni atau teknik. krna kan arsitek spesifiknya berkreasi di bangunan, kalau interior berkreasi dalam ruangan, kalau seni murni spesifiknya berkreasi bikin gambar seni

      Hapus
  49. Kak ..kok bisa lulus 3 tahun 10 bulan .. saya juga pngen sih lulus seperti itu waktunya .. tapi kata dosen 4 tahun itu udh termaksud cepet untuk arsi ..padahal saya udh ada prepare ambil semester cepet nambah sks persemster tapi ttp aja 4 tahun karena studio perancangan kan tiap semster .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa ya hmm, yang saya inget sih saya ambil Tugas Akhir di periode pertama. kalo dikampus saya itu tiap tahunnya ada 3 periode kalau ngga salah. jadi persiapannya sudah dimulai semester sebelumnya. mungkin beda kampus beda sistem ya

      Hapus
  50. Ka ' klo kuliah jurusan arsitektur bisa gak yaa klo sambil kerja? Apa bakal keteteran nantinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuliah s1 sambil kerja? wah saya kurang tahu ya. Saya pribadi kuliah hanya dibarengi kerjaan2 sampingan kecil, kayak bikin 3D buat kakak kelas, bikin model maket dsb. kalau ditanya bisa apa ngga, sepertinya sih bisa, cuma kamu mesti pinter membagi waktu. apalagi kuliah s1 biasanya banyak kegiatannya

      Hapus
    2. Iyah s1 sambil kerja..
      Wah jadi makin galau nih, antara takut dan bakalan kacau nantinya ' apalagi saya kerjanya sift"an.. Gmna yah solusinya kak ? susah bgt gak sih teknik arsitektur itu?

      Hapus
    3. susah ngganya relatif sih. saya pribadi karena ngga kuliah sambil kerja jadi ngga bisa kasi saran. yg mesti di perhatikan mungkin, apakah universitas yg kamu tuju nanti punya mata kuliah studio atau tidak. kalau ada, biasanya matkul itu mengharuskan kamu untuk berada di studio seharian penuh, namun ada juga yg tidak mewajibkan

      Hapus
  51. Dari SMK Teknik Gambar Bangunan kuliah di Arsitektur ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kok temen saya dari SMK lanjut kuliah di arsitektur, biasanya udah jago ngeCADnya

      Hapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. Kak apa aja suka duka kuliah di arsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah banyak ya, kurang lebih seperti yang saya tulis diatas :)

      Hapus
  54. kak, aku sekarang lagi di kelas 12 nih dan mau masuk arsitektur. Tapi di sisi yang lain, aku juga pengen masuk desain interior (aku anak ipa). Kalo mau masuk desain interior setauku harus tes untuk ips sama seni rupa pas sbmptn kan, dan aku agak... enggan aja soalnya belajarnya dobel, ditambah aku udah daftar arsi unpar. Kalo masalah masuk apa enggaknya sih liat nanti ya.. Di arsitek itu cuma bangunan luar apa dalemnya juga ya kak? Soalnya masih rada bingung mending arsi apa interior..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah, arsi unpar salah satu jurusan arsitek terbagus di indonesia. hmm, dari pengalaman saya sih di dunia kerja, anak arsitek umumnya bisa ngerjain kerjaan interior. tapi kalau anak interior, agak berat ngerjain kerjaan arsitektur. karena tugas di kuliah arsitektur juga ada ngedesain interior. di interior, ngga ada tugas ngedesain bangunan

      Hapus
  55. kak mau nanya, temen2 saya sejak dulu itu nganggap gambaran dan pewarnaan saya itu bagus,tapi ternyata saat penilaian tugas menggambar ke guru seni rupa saya selalu mendapat nilai yang sangat rata2. Dan saya suka berimajinasi dan berkreasi tetapi sulit mengaplikasikan ke atas kertas gambar. Tetapi kemarin saya mendapatkan hasil psikotes dan saya mendapat alternatif jurusan pada teknik arsitektur. Apakah saya harus mengambilnya kak? *maaf kalau kepanjangan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di arsitektur juga begitu, yang bagus dimata A belum tentu bagus di mata B. namanya seni hehe. menurut saya sih lebih baik ambil jurusan yang kamu minati, biar ngejalaninnya enjoy. biasanya dari psikotes kan keliatan ya, kamu bisa mulai cari tau jurusan2 yang disaranin oleh hasil psikotes. kira2 mata kuliah didalamnya apakah kamu senengin atau ngga. jangan lupa cari tau prospek kerjanya. paling gampang bisa bikin list kelebihan dan kekurangan masing2 jurusan. semoga membantu

      Hapus
  56. Kak... Kalo arsitek sama lulusan teknik sipil itu cari kerjanya lebih mudah mana? Kalo kata ortu arsitek sama lulusan teknik sipil cari kerjanya sulit, bener gak sih kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya standar aja sih, namanya juga profesi yang khusus bidang konstruksi. pekerjaannya ngga jauh2 dari lingkungan konstruksi. beda sama jurusan komputer, bisa kerja dimana aja. semua tempat butuh orang yang bisa komputer, di konstruksi sekalipun. rejeki uda ada yg ngatur. pilih yg diminati biar hidup ga stres

      Hapus
  57. Kak kalo di jurusan arsitek itu awal belajarnya kaya gimana ya? Langsung gambar sketsa bangunan atau gimana?

    BalasHapus
  58. Kak kalo di jurusan arsitek itu awal belajarnya kaya gimana ya? Langsung gambar sketsa bangunan atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung universitasnya sih. biasanya sih mulai dari membiasakan tangan memakai pensil. kayak bikin garis lurus sehalaman full A3. terus mulai sketsa benda2 sekitar. ada juga yang sampe melukis bunga dsb. baru nanti lama2 ke bangunan

      Hapus
  59. Lembur, begadang, blm tidur, atribut khas mhs arsitektur. Kebanggaan jg ketika hrs dituntut kreatif inovatif. Kangen itu semua stlh 25 th lalu dilantik jd member Amoghasida. Salam ut profGagoek, ABS, JokIn, EdiPeyek dll.

    BalasHapus
  60. Lembur, begadang, blm tidur, atribut khas mhs arsitektur. Kebanggaan jg ketika hrs dituntut kreatif inovatif. Kangen itu semua stlh 25 th lalu dilantik jd member Amoghasida. Salam ut profGagoek, ABS, JokIn, EdiPeyek dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe saya juga sudah lama ngga kekampus mas, terakhir 2014 :D

      Hapus
  61. Kak aku pengen masuk jurusan arsi, buat pelajaran eksak sih aku suka" aja... tp buat gambar aku bisa dibilang B aja... nah kira" aku bisa masuk ga kak? Oiya tips dong kak biar bisa punya jiwa kreatif dan apa sih yang buat kita jd pinter gambar? Hehehe...makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ditanya bisa masuk sih harusnya bisa2 aja, asal passing gradenya memenuhi. dan ngga semua anak arsi jago gambar sih. menurut saya yang terpenting adalah niat dan kemauan. kalau memang minat nanti kedepannya sih ngga akan jadi beban ngejalaninnya. nanti dikampus akan ada pelajaran gambar arsitektur, disitu bakal diajarin basic-basic sketsa pakai tangan. selama beberapa semester, tangan juga akan dilatih banyak sketsa, jadi dengan sendirinya akan keasah. saran saya, coba dibrowsing dulu pekerjaan arsitektur seperti apa, apakah kamu cocok dengan pekerjaan tersebut, biar tau arahnya

      Hapus
    2. Iya kak, saya sebenernya sudah niat,tapi sering minder liat temen yang nggambarnya jago... ok kak berarti saya harus berusaha keras ya... asalkan berusaha aku pasti bisa kan kak?

      Hapus
    3. iya dong, berusaha dan berdoa. akan terlihat mana yang sungguh2 dan mana yang engga hehe

      Hapus
  62. kak aku skrg di smk jurusan akuntansi, tapi sebenernya dari dulu pengen banget masuk arsi. kalo di bidang gambar menurut temen2 aku bisa dibilang bagus, untuk bidang matematika sih aku lumayan, tapi kalo fisika kan gaada mata pelajarannya di smk, kira2 bisa ga kak lanjut ke kuliah ke arsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bisa ngga ya, dari IPS berarti nanti ujian ambil IPC dong ya. Kalau minat sih mungkin bisa2 saja, cuma mungkin harus diperhatikan administrasinya. nanti banyak pelajaran yg diajarkan lagi pas kuliah, seperti dari nol. tapi kalau sudah jago matematika atau fisika tentu jadi lebih mudah

      Hapus
    2. Yap bener seperti yg dikatakan admin, saya juga dari sma ips, skrg lagi menempuh semester 1 di arsitektur, untuk mata kuliah seperti gambar teknik/dasar perancangan saya masih bisa mengikuti, untuk mata kuliah Kalkulus dan Mekanika Teknik yg notabenya Fisika, jujur saya merasa kesulitan untuk mengikuti nya karena dasarnya saya tidak diajarkan ketika SMA, lama kelamaan ketika aktif tanya ke teman/senior, alhamdulillah pada akhirnya bisa mengikuti, kalo ingin lanjut kuliah di arsi tanpa tes IPA, coba snmptn, karena saya dulu ikut snmptn, katanya peluangnya agak besar

      Hapus
    3. Bs minta no kontaknya kak .. Mau ty ttg cara msk arsi dari ips .. Thx

      Hapus
    4. Bs minta no kontaknya kak .. Mau ty ttg cara msk arsi dari ips .. Thx

      Hapus
  63. kak, dulu sewaktu kuliah sering ikut sayembara gitu nggak? trus ikut organisasi2 univ gitu juga ngga? kalo iya, gimana cara kakak bagi waktunya? makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu lumayan suka ikut sayembara, tergantung cocok atau ngganya dengan tema. dulu saya ikut organisasi himpunan mahasiswa arsitektur UNDIP, namanya Amoghasida. ikut selama 2 tahun, pertama sebagai staff, tahun kedua sebagai Kepala Departemen. Kalau ngebaginya sih sebenernya biasa aja ya, cuma perlu komitmen untuk ngga males ngerjain tugas aja hehe. kalo komit, nanti waktu sesedikit apapun pasti beres tugasnya. soalnya saya orgnya agak perfeksionis juga, kalo ga bagus nanti kecewa sendiri

      Hapus
    2. kepala departemen itu semacam ketua himpunan begitu kak?
      oiya, kalo untuk setelah lulus, hal2 apa aja ya kak supaya freshgraduate gampang buat di rekrut sm biro2 arsitek gitu?
      trus dulu sewaktu kakak kuliah, pernah ngerasa minder gitu ngga sih gara2 ada temen jago dalam suatu hal misal udah jago cad duluan gitu? kalo pernah, kakak mengatasinya gimana?
      hehe maaf ya kak banyak gini
      makasih

      Hapus
    3. kayak kepala bidang di himpunan. yaa bikin portofolio yang bagus, banyakin karya, jagoin skillnya. banyak sih yang begitu, yaa tapi saya sih biasa aja ya hehe. tiap2 orang punya keunggulan masing-masing, pede aja

      Hapus
    4. dulu sempet ikut les cad atau sketchup gitu engga kak? apa autodidak? trus kalo boleh tau, menurut kakak semester terpadat dan ter-menguras emosi itu smt berapa kak?

      Hapus
    5. biasanya di semester awal ada workshop dari senior untuk pelatihan CAD atau sketchup dasar. sisanya pelajari sendiri. paling semester 4,5,6 yang berat. saya juga lupa

      Hapus
    6. ooh begitu ya kak?
      trus kak, kan kakak udah kerja nih ya, ada ngga sih temen kakak yang susah dapet kerjaan di bidang arsitektur gitu? atau mungkin kerjanya ngga sesuai sama arsitektur sendiri? saya kok takut kalo lowongan kerja di bidang arsitektur dan sejenisnya itu nantinya akan terbatas terus membuat lulusannya banyak yang nganggur gitu.. boleh sharing tentang pengalamannya di dunia kerja kak?
      terimakasih banyak :)

      Hapus
    7. sampe nganggur sih engga. malah sedikit yg mau nerusin kerjaan di arsitek. tapi tetep di seputar bidang konstruksi. rejeki uda ada yg ngatur

      Hapus
    8. kak dulu sewaktu kuliah selalu ambil sks tambahan atau engga? kalo iya, lebih milih matkul yg dosennya enak apa matkul yg kira2 lebih kakak minati walaupun dosennya agak susah?
      makasih kak

      Hapus
    9. iya saya selalu ambil kok, kalau bisa ambil mending ambil, jaga2 kalau di semester depan (amit-amit) ada masalah. jadi sudah ngesave sks yg bisa diamankan. dulu sih beberapa kali ikut mayoritas temen2 aja. pernah ambil yg beda sama yang lain, tapi itupun karena memang sudah tahu kalau saya pasti bisa nerjainnya walaupun cuma sendiri (tata ruang dalam lanjutan)

      Hapus
  64. Kak, klo saya tuh punya cita" pengen buat suatu bangunan yg bermanfaat utk orang", tp skrg sy masih takut, takutnya nnt sy berhenti di tengah jalan gitu krn sy orgnya suka yg praktis yg cepet sih.. Tp klo pengen buat bangunan sendiri itu nanti gmna ya kak caranya? Prospek kerjanya gimana? Dan sy harus menekuni kuliah arsitek selama berapa tahun? Dan menurut kk univ yg mana yg bagus kak? Soalnya sy juga cuman bermodal suka melukis" saja sih dan niat banget buat bangunan bermanfaat yg sy udah rancang designnya di kepala xd.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi arsitek belum tentu bisa bikin bangunan yang kita mau. kalau mau bikin bangunan yang kita mau sih jadi orang kaya, terus bayar orang buat bikin bangunan yang kita mau haha. contoh saya kuliah 4 tahun gak pernah bikin apartemen, di dunia kerja, yang saya buat apartemen mulu. jadi susah kalo harus milih

      Hapus
  65. Kak gimana kalau kemampuan menggambar pas pasan? Bisa gak kak ngambil arsitek. Walau seiring waktu pasti kemampuannya akan bertambah tapi untuk di awal apa akan tertinggal dengan yang lainnya?. Berdasarkan pengalaman kakak ada gak orang yg kayak gini di arsitektur ? Mohon jawabanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak banget temen-temen di arsitek yang gambarnya dari mulai jelek banget sampai bagus banget. dan mereka lulus-lulus aja

      Hapus
  66. Halo kak. Saya mau tanya. Saya tuh suka banget ngeliatin bangunan2 entah itu di pinggir jalan, rumah kapling, apartemen, atau sekedar denah 2dimensi. Saya tertarik buat belajar dan cari tau 'kok bangunanya bisa kaya gitu ya'. Nah menurut kaka itu adlh passion bukan ya?
    Dan kalo mau kuliah di arsi harus ada doa restu orang tua kah ka?hahaha. Soalnya saya takut ga diijinin krna biaya dan prospek kerjanya. Padahal saya niat banget pgn jdi arsitek. Mohon pencerahannya kak, terimakasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi ya. saya sih dulu ngga gitu. baru mulai ngamatin saat sudah di arsitektur. biasanya lewat psikotes keliatan minatnya kemana. wah kalo itu uda urusan pribadi ya. apapun yg kamu pilih, kamu harus terima konsekuensinya. mereka setuju atau ngga pasti ada alasannya

      Hapus
  67. Assalamualaikum wr wb, kak mau tanya sblum nya maaf mengganggu kak. Hehe, gini mau tanya kak apakah jikalau mengambil arsitektur itu banyak menghitung bangt kak? Terima kasih kak. Mohon di balas ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga kok, biasa saja, cuma di kuliah semester awal saja banyak mata kuliah menghitung. saat semester tengah dan akhir mulai tidak banyak menghitung. apalagi pas kerja, semua dimudahkan dengan komputer

      Hapus
  68. Kak kan saya dari smk jurusan asritek di sekolah nya saya pernah gambar menggunakan softwear autocad sama google skethup, aku mau melanjutkan kuliah jurusan arsitek tapi saya kurang di pelajaran matematika sama fisikanya, apakah bisa kak saya masuk ke jurusan arsitek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bisa masuk atau ngga ya itu tergantung tes masuknya dong. kalau ditanya bisa bertahan apa engga di dunia arsitek, matematika dan fisika itu termasuk jarang sekali dibahas. mayoritas pembahasannya adalah desain. meski begitu tetep ada matkul MTK dan fisika yg harus dilewati

      Hapus
  69. Kak kalo prodi arsitektur sama desain interior itu sama ga sih? Aku pingin 2"nya. Aku bingung mau ambil apa. Aku suka gambar, bahkan ada yang muji bagus. Aku bersyukur ada yang bilang gitu. Tapi aku suka minder karna temenku ada yang lebih jago banget gambarnya. Kadang semangatku jadi surut. Nah menurut kaka enaknya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda sih, arsitektur lebih luas cakupannya, sedangkan interior itu lebih spesifik. Biasanya anak arsitektur pasti belajar interior, tapi anak interior belum tentu belajar arsitektur. Arsitektur lebih ke bangunan, interior lebih ke suasana dalam bangunan. kalo masalah gambar jago apa ngga, itu ngga pengaruh banyak, apalagi di dunia kerja yg pakai komputer

      Hapus
    2. Aku pernah diajarin desain pake komputer,tapi akunya kurang paham, trus aku juga lemot kalo pake komputer gitu . Soalnya aku tipe yang belajarnya kurang cepet dan kurang tanggap

      Hapus
    3. wah gimana ya, bingung juga. soalnya jaman sekarang serba komputer. di dunia kerja pakainya komputer semua

      Hapus
    4. Nanti banyaknya desain manual apa pake komputer kak? Gampang ga kalo desain pake komputer?

      Hapus
    5. manual itu sebagai mahasiswa wajib, dan kebanyakan di semester awal. tapi setelah itu harus dibuat versi komputernya. hingga nanti kerja manual sudah ngga dipakai. namanya belajar sih berprogres, dari ngga tau jadi tau, by the time kalo belajar pasti bisa

      Hapus
    6. Oke, makasih kak sarannya. Doain lancar ya kak. Hehe

      Hapus
  70. kak maaf, punya sosial medianya engga? line misalnya, saya soalnya mau konsultasi mau nanya nanya hehe, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya disini aja, atau mention dm di ig saya

      Hapus
  71. kak software yg bagus apa ya? sya mau mecoba mumpung masih sma biar terbiasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sketchup, autocad dan photoshop, itu yg pentingnya

      Hapus
  72. Gan, ingin bertanya..
    Saya lulusan smk jurusan pemasaran tahun 2013 ga punya basic sama sekali dibidang arsitektur.. Saya juga kurang jago dlm menggambar baik di autocad dllnya. Tp saya slalu punya konsep yg menarik untuk digambar atau dirancang. Dan saya sangat menyukai hal tsb. Kira2 saya bisa ga yah kuliah di arsitektur meski ga punya basic sama sekali soal gambar auto cad dllnya. Soalnya saya mau kuliah tahun ini tp msh bingung sama jurusannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemampuan diri dan minat yang tau ya diri sendiri. yang punya basic autocad mah cuma anak SMK teknik, anak SMA ngga ada kali yg punya basic autocad. semua dipelajari lagi dari nol di kuliah. yg penting mau belajar, mau usaha. apapun jurusannya

      Hapus
  73. Kak tolong info snmptn dibulan berapa ya ??? Thx

    BalasHapus
  74. Kak, lbh bgus mna nih? Desain interior 3thn tpi cmn sampai d3, kalo mw s1 lanjut arsitektur 1 thun atau lsg arsitektur 3 tahun dapet s1? Mohon bimbingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. s1 arsitektur yg 3 tahun dimana ya? menurut saya sih mending ambil s1. karena basic conceptnya akan kuat. kalah ambil d3, yang diajarkan nanti banyak eksekusi kerjanya. kalo s1, basic pemikiran kamu bakal dibentuk bgt, dan itu yg bikin luwes/engganya desain kamu. beda almamater bakal beda basic concept pemikirannya

      Hapus
  75. Assalamualaikum kak
    Saya mau nanya nih
    Kalau saya ambil jurusan kuliah arsitek, tapi kurang di MTK dan FISIKA, apakah bisa masuk? Trims sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa2 aja kok. saya sudah lulus 4 tahun lalu, sampai hari ini masih lemah MTK dan Fisika. Modal semangat mau belajar dan kreatif aja

      Hapus
  76. pengen kuliah arsitektur juga, tapi bener-bener belum tau apa-apa soal arsitektur, kecuali nikkmatin keindahannya, dan ngoprasiin sofware-nya lol🤣 itu juga masih amatir

    BalasHapus
  77. Kak kalau dari smk jurusan bisnis terus mau kuliah ngambil arsi bisa ga kak?

    BalasHapus
  78. Ka fahry apa aja sih yg di kuasain biar bisa masuk jurusn arsitek

    BalasHapus
  79. Ka aku pengen msuk jurusn arsitek tpi aku gk jago gambar gak jago main komputer gk jago fisika tapi aku suka ngitung gimna tuh ka emng bisa msuk

    BalasHapus
  80. Kak alhamdulillah aku masuk jurusan arsitektur di salah satu univ negeri . jadi bntr lagi kan daftar ulang aku masih bingung ambil apa eggk karna aku itu gajago gambar trus yg aku liat arsitektur itu ngeri banget mksdnya kuliahnya di jurusan itu rumit banget di tambah aku gapunya modal kepandaian di bidang gambar dan ngitung2 an masih kurang bgt . menurut kakak gimana aku ambil apa gimana kak ? Mohon solusinya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ikutin kata hati aja. yang namanya kuliah, ngga ada yang gampang sih. yang terpenting, kalo suka, biasanya ngejalaninnya ngga akan se-pusing ngejalanin jurusan yang dipilih karena terpaksa

      Hapus
  81. Permisi kak, saya mau nanya nih...
    Kalo misalnya kita mau ngambil jur. Arsi kita diajarin dasar dasar dari desaign arsitek ngga ya kak? Sebelum nya makasihhh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong, itu kan tujuan dari jurusan arsi. tapi dasarnya pun cuma seiprit. kita yang perlu memperdalam sendiri. tapi intinya pasti diajarkan

      Hapus
  82. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  83. Malem ka, ka mau tanya. Kalau kita cuma suka gambar tapi nggak suka perhitungan atau bahkan nggak jago sama sekali tentang perhitungan masih "tertolong" nggak ya ka masuk arsitek? Terus kalo kita nggak bisa TI (software) yang tadi kaka bilang. Itu kita harus belajar sendiri diluar sks atau ada sks khusus pelajaran itu? Makasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka gambar tuh suka gambar apa. kalo suka gambar anime belom tentu cocok di arsi. bisa aja malah ke seni rupa. ngga ada orang yang langsung jago, semuanya perlu proses. kalau ngga bisa ya berlatih. yang bikin orang bertahan ya kemauannya untuk berusaha diluar kemampuannya. software itu skill yg harus dikuasai di arsitek. ngga ada sksnya, tapi akan dipaksa bisa

      Hapus
    2. Halo ka
      Mau nanya nij...
      Software itu apa sih...

      Hapus
  84. Ka mau tanya lagi. Kalo mau masuk jurusan arsitek ada syarat nilai2 UN atau nilai SMA yang harus lebih bagus nggak? Kayak fisikanya harus lebih besar dari biologinya gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya kurang tahu sistem sekarang. yang saya tahu sih dulu pakai tes masuk sendiri, bukan dari nilai rapot/UN

      Hapus
    2. Ka mau nanya nih...
      Saya dikit lagi mau lulus sma nih.. Dan mau daftar kuliah jurusan arsitek apa aja sih yg hrus dipersiapkan untuk kuliah jurusan arsitek?

      Hapus
  85. Ka mau tanya nih..aku gak jago matematika apalagi fisika terus.. ngegambar juga kurang jago tapi pengen banget masuk jurusan arsitektur.bisa nggak ya ka? Heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kok, saya juga ngga jago matematika. bahkan cenderung menghindari. sekarang saya kerja jadi arsitek pun, matematika ngga terlalu kepake. yang dipakai hanya matematika sederhana (kali bagi tambah kurang). yang penting niat dan usaha mau belajar aja. toh kita jurusan arsitek, bukan jurusan matematika

      Hapus
    2. Kalo kuliah diajarin dari awal alias dasar dulu apa gimana sih ka ? Soal nya aku gak paham banget tentang jurusan arsitektur..takut nya kalo ditanya gak tau apa-apa nanti yang ngajar gimana gitu ge ka reaksinya..:'D

      Hapus
    3. iya dong diajarin dasar-dasarnya. tapi cuma selintas. alias intinya doang. nanti untuk bisa atau ahlinya, kamu perlu belajar sendiri. cari pertemanan yang aktif belajar bareng saran saya

      Hapus
  86. Kata kakaknya kuliah jurusan arsi di undip ada yang lulusnya 6 tahun, itu karena faktor apa ya kak jadi bisanya lulusnya 6 tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. macem2 sih. bisa karena orangnya sendiri yang kurang giat. bisa juga karena ada masalah keluarga, kesehatan dll. bisa juga karena kurang beruntung dapet dosen yang sibuk atau pelit kasih nilai bagus

      Hapus
  87. Kak, boleh minta e-mail/apk chat apa aja ? Soalnya saya mau nanya nanya soal jurusan arsitektur.
    Terimakasih...

    BalasHapus
  88. Banyak ga sih ka jurusan arsitektur untuk perempuannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kok. imbang malah 50:50. salah satu jurusan teknik yang perempuannya banyak

      Hapus
  89. Kak di undip itu termasuk kategori arsitektur atau teknik arsitektur ya?

    BalasHapus
  90. ka bedanya jurusan arsitektur sama arsitektur lanskap apa ya? dan kelebihannya dari dua jurusan itu, bingung mau yang mana:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lanskap lebih cenderung ngurusin seputar taman dan tanaman sih, jadi lebih spesialis di tanaman. sama kaya arsitektur interior, spesialis ruang dalam. kalau arsitektur biasa, cenderung ke bangunan secara umum, yang nantinya bisa memperdalam ilmu soal taman maupun interior

      Hapus
  91. smk jurusan bangunan bisa masuk arsitektur undip gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih bisa ya, dulu teman saya ada yang dari lulusan SMK, yang penting lolos ujian masuknya saja. rata2 yang dari SMK sudah lebih ahli mengoperasikan software2 arsitek sih

      Hapus
  92. Sebagai website penyedia jasa arsitek di malang, kami mengerti pentingnya berkomunikasi bagi Anda.

    BalasHapus