Antara Halal dan Haram

23.46

Setelah ramai di televisi soal halal dan haram produk obat di Indonesia yang katanya mengandung babi, kini kembali marak persoalan "haram hukumnya mengucapkan selamat natal bagi muslim". pembahasan ini ramai dan juga jadi menarik untuk di teliti lebih lanjut hehe. saya sendiri juga tidak begitu paham, namun yang saya tahu, MUI sudah mengeluarkan fatwa haram untuk mengucapkan selamat natal tersebut. 

Saya mendengar hal tersebut langsung heran, kok bisa ya cuma ngucapin aja sampai diharamin segitunya ? apakah sekeras itu sampai haram ? mungkin kedengarannya 'haram' itu enteng, padahal tidak. Haram itu artinya DOSA hehe, beda sama Halal. jadi serem juga karena sudah di fatwa haram, dari tahun ke tahun saya tidak pernah ucapin selamat natal sih, tapi tetep aja, saya berpikir kok itu seperti agak 'tua' atau 'kolot' pemikirannya.



Mirip dengan pendapat sebagian masyarakat yang beranggapan kalau umat beragama itu harus toleransi, sehingga tidak sekeras sampai diharamkan. Banyak pula yang menganggap enteng fatwa tersebut, bahkan tetep mengucapkan hal yang sudah dibilang haram. Akhirnya setelah merenung, dan bertukar pikiran dari obrolan sederhana, akhirnya saya menyadari sesuatu hehe.

Benar bahwa mengucapkan selamat natal bagi seorang muslim adalah suatu hal yang haram. Tentu keputusan MUI akan hal ini memang sudah dipikirkan secara matang oleh pemuka agama. Toleransi dalam beragama sendiri memang diajarkan oleh Rasulullah SAW, namun disinilah titik toleransi yang harusnya kita pahami betul. Bahwa toleransi adalah dengan menghargai agama lain, tidak mengusik, tidak melarang, tidak mengganggu. Namun bukan berarti kita ikut andil dalam agama tersebut, seperti "bagiku agamaku, bagimu agamamu..", saling menghargai, silakan jika mau beribadah, tidak saling mengganggu dan saling ikut2an.

Bila kita resapi, memang benar bahwa toleransi ya seperti itu, bukan berarti kita ikut andil di dalamnya, hanya cukup tidak perlu mengganggu orang lain beribadah. Namun mungkin disini ada poin yang cara penyampaiannya kurang baik. seperti penggunaan spanduk yang menulis haram begitu, memang tidak mengganggu, tapi frontal banget ga sih ? hehe *pendapat aja. 

Jadi kini saya mengerti kenapa mengucapkan selamat bagi agama lain itu haram :) ibarat kalau kita mengucapkan selamat natal, apa agama lain mau mengucapkan kalimat syahadat ? eehehe. kalau soal agama emang sensitif sih ya *jarang2 bahas soal agama*

You Might Also Like

0 comment