Stop Penambangan di Pulau Bangka !

22.22

Temen-temen sudah denger belum masalah ini ? mungkin sebagian masih belum denger ya. jadi di Pulau Bangka di Sulawesi Utara, (beda lho sama bangka belitung) ini adalah pulau kecil eksotis, yang keindahan lautnya lebih indah daripada bunaken sob. Di wilayah ini sendiri merupakan wilayah yang sudah ditetapkan pemerintah pusat akan sebagai daerah pariwisata laut. Sayangnya, pemerintah setempat malah memberi izin untuk perusahaan asing melakukan penambangan disana.

Luas pulau ini sekitar 4000sqm, dan lucunya, penambangan akan dilakukan di area 2000sqm, atau hampir setengah pulau. Logikanya, penduduk disana akan direlokasi keluar pulau dengan adanya hal itu. temen-temen mungkin paham ya, pabrik kecil aja limbahnya bisa menyebar begitu luas bro, apalagi kalo tambang yang luasnya setengah pulau !! kebayang tuh, lapindo gak ada apa-apanya sob!

saya disini cuma ingin menyadarkan dan mengajak teman-teman akan pentingnya aset bumi Indonesia. mungkin memang saya sama dengan teman-teman, yang males panas-panasan, dan senengnya main di mol ketimbang naik gunung atau alam, tapi tetep, kita harus peduli sama tanah air kita, ya gak ? hehe. jadi disini saya mohon kepada pemerintah setempat agar meninjau ulang itu izin buat pertambangan. mau pakai filter untuk penjernihan limbah dan lingkungan ? sebaiknya bapak turun ke lapangan langsung, proses penjernihan itu sangat tidak gampang. bapak bisa cek di singapore, mereka tidak punya sumber air bersih sendiri, dan masih beli ke malaysia. seinget saya, mereka butuh 10 tahun lebih untuk berusaha memfilter air bersih sendiri, hingga saat ini pun belum selesai. 

dan untuk temen-temen, yuk bantu isi petisi online untuk tolak penambangan di pulau bangka ! 

 

change.org
https://www.change.org/petitions/gov-sarundajang2014-bupati-sompie-singal-no-mining-on-small-islands-save-bangka-north-sulawesi

twitter
https://twitter.com/SaveBangka

facebook
https://www.facebook.com/groups/SaveBangkaIsland

You Might Also Like

1 comment