Cara bikin Web gampang dari Blogger

23.54

yup mau share sedikit cara bikin web, mungkin lebih ke cerita ya, bukan berbentuk tutorial. Soalnya bahasan web sendiri itu luas banget, bisa dibikin dari berbagai macam engine. Salah satunya yang akan saya jelasin adalah dari blogger diubah jadi web dot com yaa.

Blog saya sendiri memang belum dibuat jadi .com ya, tadinya ada niatan, tapi duitnya lagi tipis hehe. sebelumnya saya sudah coba buat di www.amoghasida.com, itu merupakan salah satu web himpunan arsitektur undip. Caranya sih mudah saja, seperti kita bikin blog apa adanya. dan temanya pun masih sama dengan tema blog saya agar lebih mudah.


Blogger sendiri merupakan layanan web yang sudah gratis, meski kapasitas server untuk per individunya terbatas, namun cukup kok untuk personal use atau untuk web organisasi yang sekiranya tidak terlalu wah atau makan banyak memori.

caranya mudah saja, pertama kita tinggal membuat blog kita di blogger, lalu beli domain yang tersedia di penjual jasa. saya waktu itu beli di kaskus untuk penjual domain .com. harganya sekitar 90rb-100rb sudah termasuk jasa settingnya. kadang agak bingung atau takut ya untuk memulai belinya, tapi tenang aja, coba cari penjual yang reputasinya sudah jelas. nanti penjual bakal minta alamat blog kita dan minta mau dijadiin .com atau .co.id atau lainnya. setelah deal, baru deh nanti dia bakal buat domainnya.


setelah dibuat, dia akan kontak kita lagi, kalo domain sudah jadi, tinggal di setting. dan dibagian setting ini, kalo belom ahli, agak bingung nanti. jadi bisa diserahkan ke penjual. ada 2 cara, yakni dengan kasi tau email dan pasword (tapi tidak saya rekomendasikan) dan dengan cara add admin (rekomended). kalau cara add admin, bisa liat di dashboard blog, lalu setelah, nanti bisa tambahkan penulis. setelah dia accept, baru kita bisa switch ke admin. jika sudah selesai setting bisa kita delete lagi dari admin.

dan selesai deh web yang diinginkan, dengan pengaturan mudah ala blogger :D

You Might Also Like

0 comment