Marketing Manager

20.10

 Hai! just another post by me. Tulisan kali ini mau menandakan perubahan yang baru aja terjadi di di hidupku, terutama di karirku. Actually di waktu aku nulis ini, bener-bener aku belum nyemplung ke dunia marketing. Alias baru besok banget (senin), aku bakal handover pekerjaan marketing. Kaya apa ceritanya aku bisa sampai disini? yuk kita bahas bareng.

Setelah terakhir dari sekitar januari lalu aku ada pikiran untuk resign, dan kebetulan juga udah spill ke tim HRD, aku mendapat berbagai tawaran untuk pindah divisi. kenapa? karena dengan posisi saat ini, HRD merasa kurang possible untuk menempatkan aku diposisi yang sesuai untuk pengembangan karir. Why? satu karena tim yang ada saat ini sudah terlalu gemuk. dua, karena kondisi perusahaan sedang kurang baik untuk menghire orang baru, sehingga talent sebaiknya ditukar2 untuk mengisi posisi strategis.

setelah menolak tawaran yang kudapat dari eksternal untuk pekerjaan baru. aku jadi kayak ada penyesalan, karena nggak ada kejelasan untuk karirku kedepannya. jujur, aku ngga ngincer jabatan. aku cuma pengen ada “kenaikan” atas pendapatanku aja. sayangnya memang secara grade gaji, katanya aku udah mentok. hmm. sedih.

sedihnya lagi, setelah beberapa bulan, kepala HRDnya berganti. duh.. makin suram nih. bisa-bisa janji yang kemarin mau bantu mencarikan tempat tidak jadi terealisasi. makin deh aku mencari tempat untuk pindah. dan alhamdulilahnya, aku udah sampe tahap interview di salah satu perusahaan besar. harapannya sih bisa lolos. tapi setelah sebulan dari interview, masih belum ada kabar lanjutan.. kok susah ya nyari kerja huhu.

sekitar bulan mei akhir, kepala HRD memanggilku. dia menanyakan apabila aku dipindah ke tempat “itu” apakah berminat. dia pun men challange kalau seorang karyawan harus bisa beradaptasi dan menerima tantangan baru. aku pun berusaha meyakini diri sendiri, kalau ini adalah hal yang memang harus kujalani. jadi apapun hasilnya nanti, harus kucoba dulu.

nggak lama dari obrolan itu, aku langsung dikontak tim hrd buat mengikuti fit and proper test. waduhh.. kok mendadak? aku pikir aku bakal dipindahkan dulu, dan belajar as an officer. tapi yauda, aku terima dlu aja, aku ikutin persyaratannya. aku pun diminta membuat materi presentasi dan juga program kerja jika aku masuk ke divisi tersebut. dari pengumuman ke hari test hanya tersedia 3 hari. aku maksimalkan dengan interview ke para officer yang memang saat ini memahami masalah eksisting.

tibalah di hari H aku presentasi didepan direktur, VP dan juga manager. awalnya aku gugup, ternyata aku bisa menyelesaikannya dengan baik, mungkin karena aku sudah mengenal lama orang2 tersebut. memang jika pertanyaannya agak teknis, aku harus akui aku belum mempunyai pengalaman yang cukup di bidang itu.

usai presentasi, belum ada info kapan pengumuman akan dikeluarkan. secara mengagetkan, pengumuman pun dikeluarkan pada 5 hari setelahnya. tepat sebelum libur panjang akhir pekan. duhhh.. aku langsung kabur, pulang tenggo pas tau akan ada pengumuman tepat sebelum jam pulang. untungnya, pikiranku terbagi untuk mengurus touring kami ke bandung. jadinya ada waktu untuk acceptance atas takdir baru yang akan aku jalani.

sekarang aku lagi bingung, bagaimana aku akan menghadapi hari-hariku esok sebagai marketing manager. semoga proses handover bisa membantuku memahami apa saja yang harus kulakukan.


You Might Also Like

0 comment