Belajar Project Management di Coursera

20.40

 Halo! nulis lagi nih. Kali ini mau cerita sedikt. Saya baru saja ngambil course yang ada di Coursera yang diadakan oleh Google terkait Project Management. Meskipun saya lulusan Project Management UI, tapi nggak ada salahnya buat belajar lagi karena masih ada kesempatan dan waktu. Awalnya sih pengen ambil sertifikasi PMP, tapi kayaknya belajar-belajar dlu aja dah hehe. Nah buat temen-temen yang tertarik ambil course ini, aku mau berbagi pengalaman yaa.

Jadi nama coursenya adalah Google Project Management: Professional Certificate. Coursenya ada di website Coursera.org, sebuah website penyedia e-learning yang paling besar di dunia saat ini kalau nggak salah. 


Bayar ya?

Nah course dari Google ini sifatnya Gratis. Jadi temen-temen nggak perlu bayar untuk ikutan course ini. Tapi..... 

Untuk bisa mengikuti kelasnya, temen-temen perlu tiket masuk berupa bayar member Coursera. Jadi di Coursera itu sistemnya ibarat Tiket Taman Mini. Buat masuknya ke dalam Taman Mini bayar tiket dulu. Nanti di dalem, kalau mau naik wahana bayar lagi. Nah Wahana dari Google ini Gratis, dan masih banyak lagi yang lain yang juga gratis.

Berapa bayar langganan Coursera? saat ini tahun 2023, saya bayar sekitar 210rb/ bulan. Apakah mahal? ya lumayan. Netflix aja cuma 60rb hehe. Tapi kita bisa dapat ilmu yang berkualitas, dan juga peluang untuk punya sertifikat.

Worth it Kah?

Mau dibandingin sama provider lain? jujur aja, Learning dari Google ini bagus banget. Instrukturnya sangat interaktif, penjelasannya juga mudah dicerna dan tutur bahasa inggrisnya mudah dipahami. Sebagai pembanding, aku juga pernah beli Course di U*emy, yang ratingnya 4+ dengan pembeli lebih dari 40rb orang. Tapi produknya jauuuh dibawah Google ini. Pengajarnya tidak semangat, dan juga bahasa inggrisnya agak kumur-kumur.

Tapi apakah sertifikat Google Project Management bisa dipakai di dunia profesional? aku pribadi nggak tahu, tapi nampaknya tidak akan bisa mengalahkan sertifikasi dari PMP. Cuman, ini bisa memperbaiki CV kamu. Aku pribadi yang awalnya ikut ini biar nambah CV, jadi malah impressed karena metode belajarnya yang sangat menyenangkan dan jadi penasaran sama ilmunya.

Berapa lama untuk menyelesaikan Course?

Di Project Management by Google ini ada 6 Course Series. Total kurikulumnya adalah 6 bulan, dengan jadwal 10 jam per minggu. Kalau kamu langganan Coursera selama 6 bulan, total kamu perlu menghabiskan 1,2 jutaan. Tapi... kamu bisa lebih cepat kok. Aku menghabiskan 1 Course series yang harusnya 1 bulan terdiri dari 4 week session, jadi hanya 3 hari dengan sistem kebut. Kok bisa? iya, di kantor kalau gak ada kegiatan, aku dengerin aja coursenya. Pulang, malemnya belajar lagi. Gitu aja terus sampai 3 hari bisa beres 1 Series wkwk. Dalam 1 series kira-kira perlu menghabiskan waktu 35 jam. 

Apakah ada Deadline? atau boleh lanjut kapan saja?

Boleh lanjut kapan saja. Tapi tetap ada deadline. Biasanya ketika kita sudah klik "enroll" maka waktu akan berjalan. Setiap Week akan diberi deadline pada End of The Week. Jadi kamu bebas menghabiskan sesi Week 1 misalnya, pada hari apapun. Selama masih dalam rentang Week 1. Karena aku menghabiskan seluruh Week pada 3 hari saja, aku punya deadline total series selama 1 bulan.

Apakah isinya dengerin Video saja?

Enggak kok. Didalem course ini ada berbagai media. Yang utama memang video. Rata-rata video pendek berdurasi 2-8 menit berbahasa inggris. Ada juga transkrip textnya buat temen-temen yang kesulitan. Nah antar video, biasanya dia suka menyelipkan kuis dadakan yang nanti ada nilainya. Ada juga bahan bacaan yang harus temen-temen baca. 


Di akhir "week" bakal ada semacam post test gitu. Yang nanti nilai minimalnya adalah 80. Kalau temen-temen gagal, temen-temen harus mengulang tes itu. Maksimal hanya bisa 3x percobaan dalam 1 hari. Kalau masih gagal sampai deadline aku belum tau sih apa risikonya.

Untuk bisa mendapatkan sertifikat, kita perlu menyelesaikan 6 Series dengan total mencapai 6 bulan, jika dikerjakan santai. Tapi infonya sih kalau mau ngebut bisa diselesaikan dalam 2 minggu. Kalau bisa 2 minggu, artinya kita nggak perlu bayar member lagi untuk bulan depan. Jadi worth 210rb saja.


Salah satu hal yang keren adalah dia punya sistem tracking sampai mana progres kita dalam belajar di coursera. Ini contohnya:


Gimana? tertarik? hehe.

You Might Also Like

0 comment