Review Rover84 Keyboard Gaming dari Mars

19.28

Halo temen-temen semua, balik lagi nih di blog saya. kali ini saya mau review sebuah produk dari PressPlay yang baru aja ngerilis keyboard mechanical dengan tema Mars. Awalnya sih lagi iseng-iseng aja nyari mechanical keyboard baru buat ngegantiin keyboard lama saya, vortex vx7. Pengen nyari yang lebih compact, lebih kecil, tapi fungsi-fungsi didalamnya tetep ada semua, kayak arrow keys, F1-F12, tombol delete end dll. Akhirnya nemu deh keyboard Rover84 ini. 

Dan nggak habis pikir, karena pas tertarik dengan produk ini, hampir belom ada youtuber yang ngereview. usut punya usut ternyata ini barang baru banget dirilis. Entah kesambet apa, akhirnya beli deh di hari itu juga.



Harganya sih cukup lumayan ya untuk keyboard lokal, di harga 1,2 juta. Mungkin kalau temen-temen nyari yang keyboard merek luar dengan harga yang setara bisa dapet keychron? atau ducky? selera saya sih model-modelannya kaya keychron gitu, yang minimalis aja, main warna, gausa ada gambar aneh-aneh.

Kenapa pilih ini?

alasan utama saya adalah dari layout 75%, yakni dia mampu menampung tombol-tombol yang selalu saya pakai, seperti arrow key, delete, F1-F12 dll. 

Kedua, karena layout 75% yang dia miliki lebih compact dari layout 75% lain. Istilahnya mirip sama layout 65% gaya-gayanya, cuman ini 75%. 

Ketiga, dia sudah mendukung 3 jenis koneksi, yakni kabel, bluetooth, dan wireless 2,4Ghz. yang mana menurut saya penting banget. Soalnya saya berencana pakai bluetoothnya untuk iPad, kabelnya untuk koneksi ke PC. wirelessnya kalau saya pakai laptop yang layarnya disambungkan ke PC. Kenapa wireless? karena lebih minim delay. Meskipun ngga nge-game, tapi kalau dipake buat AutoCad atau sketchup, saya selalu menggunakan berbagai shortcut cepat, dan kalau keyboardnya ngga bisa keep-up jadinya bakalan kesel sendiri deh.


Keempat, dia sudah hotswapable 5 pin, jadinya saya ngga akan bingung ketika nanti bakalan ganti switch semisalnya bosen. Meskipun ini agak less likely sih. Maksudnya kemungkinan saya bakalan ganti kayaknya kecil banget, soalnya males aja gitu. Palingan nanti cuma saya bakal beli lube aja biar suaranya lebih halus, sama pasangin peredam.

Alasan kelima adalah kombinasi warnanya yang ciamik, dan font yang digunakan juga besar-besar. Ini memang masalah preferensi sih, tapi menurut saya font yang digunakan bagus, tegas, jelas, dan kontras dengan warna keycapsnya.

Penggunaan

Ketika saya menggunakan keyboard ini, sejujurnya sih rasanya enak-enak aja. Meskipun banyak review yang bilang keyboard ini memiliki kekurangan berupa interference dengan penggunaan cherry profile yang mentok ke switchnya. 

Saya pribadi sebagai pengguna awam, kurang begitu merasakan adanya kekurangan tersebut, namun pada satu key, yakni enter, memang terasa ada sedikit ganjalan. Dan itu minor bagi saya, tidak membuat typing experience saya jadi jelek. 

Hal yang mungkin kedepannya perlu di improve bisa jadi adalah perpindahan koneksi antara kabel dan bluetooth atau wireless. Jadi casenya begini, saya mencolok keyboard dengan kabel ke PC. tapi disaat yang bersamaan, saya ingin switch PC-kabel dan iPad-Bluetooth hanya dengan function key, ternyata belum bisa. Harus dengan disconnect bluetooth terlebih dulu agar kabel ke PC bisa berfungsi.

Kekurangan

mungkin ada satu kekurangan yang saya temukan di keyboard ini pas mau tidur. Iya jadi pas mau tidur, lampu udah dimatiin semua, tiba-tiba saya ngeliat backlit dari keyboard ini tidak tertahan secara sempurna. Maksudnya seperti foto dibawah ya

nah kebayang kan maksud saya? ada beberapa jenis keycap yang hurufnya sedikit transparan dan bisa menyala mengikuti backlit. nah kalau ini modelnya dia nggak transparan, tapi sayangnya cat dari keycaps ini nampaknya kurang cukup tebal untuk menghalau cahaya menembus keycaps. sehingga keliatanlah itu batang keycapsnya. Bukan masalah besar tapi kok, menurut saya fine-fine aja. 

Buat temen-temen yang pengen lihat secara langsung bentuk keyboardnya bisa lihat video dibawah ini ya. Video dibawah ini sebelum keyboardnya saya modding sedikit hehe.


Jadi setelah video itu diupload, saya langsung nih bereksperimen dengan membuat modding sendiri. Tadinya mau ngikutin channel yang udah ada, tapi berhubung alat-alatnya terbatas, jadilah saya coba tambahkan sendiri beberapa parts. 

1. Busa/ foam yang tebalnya sekitar 1cm. Awalnya agak sulit masuk karena jadi tebel banget gitu, tapi sebagian area saya coba pangkas biar lebih tipis, dan hasilnya bisa masuk.

2. Bagian antara PCB dan platenya saya tambahkan lembaran seperti kain untuk tempat sepatu kulit gitu, kurang tau juga namanya apa. 

3. bagian stabilizernya saya tambahkan selotip atau sticky notes buat ngeganjel biar dia ngga geser2, alias lebih stiff

Hasilnya? bisa dibilang cukup mantep sih, udah lebih mulus denger ketukan keyboardnya. PRnya nanti paling tinggal nambahin lube di setiap switchnya. Tadinya sempet panik, pas ngecek ke keyboard checker, kok ada key yang ngga berfungsi, ternyata pin-nya bengkok :( untung ngga patah hehe.

You Might Also Like

0 comment