Mending Airpods Pro atau Galaxy Buds+

10.29

Bingung mau nulis tentang apa, ternyata review dua wireless headset ini belum sempet ketulis. Jadi waktu itu ceritanya saya udah punya Galaxy Buds, terus ilang sebelah. Habis itu beli lagi yang tipe Galaxy Buds+. Lama berselang, akhirnya ganti ke Airpods pro. Langsung aja dah ya kita bandingin kedua aksesoris ini dari sudut pandang saya sebagai orang awam dibidang audio, cusss!! Poin poin yang saya bahas akan diurutkan dari poin yang menurut saya paling penting.



Kualitas Audio

Sebagai user awam, saya cuma mendengarkan headset untuk memutar lagu ataupun menelpon. Saya nggak begitu paham soal instrumen musik dsb. Tapi yang mungkin saya bisa kasih testimoni adalah soal bass, kejernihan instrumen alat musik, isolasi suara, dan kualitas mic.

Dari segi bass, Galaxy Buds+ terasa lebih nendang di telinga saya. Buat penyuka lagu RnB, Hiphop, akan cukup senang bila menggunakan headset ini. Dari segi Kejernihan instrumen alat musik, Airpods Pro terasa lebih baik dengan detail suara yang terasa cukup jelas memisahkan instrumen-instrumen musik. Terasa sekali petikan suara senar pada lagu-lagu tertentu yang tidak terdengar di Galaxy Buds+. Dari segi isolasi suara, jujur Airpods Pro sangat juara. Noise Cancelationnya bagus sekali. Pada saat awal saya menggunakannya terasa sangat kedap. Dari kualitas mic, harus diakui, Airpods Pro juga lebih jernih dalam menangkap suara kita. Berbeda dengan Galaxy Buds+ yang masih kresek-kresek, ngga begitu jelas dan sering terasa suara angin masuk ke mic.

Baterai

Tanpa melihat spesifikasi, harus diakui baterai di Galaxy Buds+ lebih tahan lama dibanding airpods pro. Baik dari baterai casingnya, maupun baterai di headsetnya sendiri. Buat kamu yang mungkin suka dengerin musik dalam waktu lama, tentu akan lebih terbantu dengan Galaxy Buds+. Kalau saya pribadi penggunaan wireless headset ini seringnya hanya untuk meeting di tempat yang berisik, atau mendengarkan lagu saat menunggu sesuatu. Kadang berpergian naik pesawat dsb juga masih cukup sih baterai di Airpods Pro. Tapi di beberapa waktu kita akan lebih sering menemukan airpods pro dengan kondisi low batt.

Konektivitas

Tentu yang satu Android based, dan satu lagi IOS based. Jika kita menggunakan headset ini sesuai peruntukkannya, akan lebih baik konektivitasnya. Untuk Galaxy Buds+ akan lebih cocok dengan Samsung. Untuk Airpods Pro lebih cocok dengan iphone. Tapi ada 1 hal yang bikin saya amaze dengan Airpods Pro. Yakni adalah kemampuannya berpindah device secara seamless. Maksudnya adalah ketika saya mendengarkan lagu di iphone dengan Airpods Pro, lalu lagu tersebut saya hentikan/ pause. Dalam keadaan masih terpasang di telinga, saya membuka iPad saya, dan menyetel youtube. Otomatis koneksi Airpods dari iphone berpindah ke ipad tanpa harus saya lakukan koneksi ulang. Gokil.

Desain

Secara desain harus diakui, saya lebih suka Galaxy Buds+. Kenapa? karena lebih low profile, dan kecil. Ngga keliatan ada batang-batang yang memanjang. Dan ini juga berpengaruh ke fitting atau kenyamanan saat digunakan. Menurut telinga saya, Galaxy Buds+ lebih nyaman bersandar di telinga saya. Keduanya menggunakan desain casing yang glossy. Untuk Galaxy Buds+ memiliki banyak varian warna, sedangkan Airpods Pro hanya 1 warna, namun ada beberapa varian untuk Casing Wireless Charging dan tidak. 

Kesimpulannya, mana yang lebih baik? relatif. Keduanya saat ini (2022) ditawarkan dengan harga yang cukup berbeda. Airpods Pro di 3,5juta dan Galaxy Buds+ di 1,5juta (hampir setengah harga airpods). Kalau mau lebih mendekati, bisa juga kalian bandingkan dengan Galaxy Buds Pro, atau Galaxy Buds 2 yang keluaran terbaru. Harganya mendekati Airpods Pro. Dan alternatif lain selain Airpods Pro sudah ada Airpods 3 yang harganya lebih murah di 2,5 juta. Pilih berdasarkan kebutuhan dan budget yang dimiliki. 

You Might Also Like

0 comment