Manfaat bila Rutin Lari Pagi

20.08

Akhir-akhir ini gue ngerasa berat badan gue nambah. bukan ngerasa sih, lebih tepatnya emang nambah... dan tau berapa ? 10 KG MAMEEEN ! agak goks banget bisa-bisanya segitu banyak. dan itu semua gara-gara temen-temen kkn gue yang busuk yang selalu ngajakin gue makan *eh. Akhirnya gue memutuskan buat mulai hidup sehat usai kkn. dan terbukti! gue baru berhasil sekali jogging di pagi hari. Kesulitan terbesar lari pagi adalah niat yang kuat buat bangun dari kasur untuk mulai gerak. namun gue menyadari pentingnya kalo gue rutin bangun pagi. Dikutip dari berbagai sumber, ternyata lari pagi memang penting buat kesehatan kita. yuk cekidot!

Mata Lebih Tajam
Katanya dari sumber yang gue baca, orang yang berlari 56 Km dalam seminggu, cenderung berhasil menekan risiko terganggunya penglihatan mata karena faktor usia hingga 54 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang berlari hanya 16 Km per minggu. masalahnya, gimana kalo yang gak pernah lari minimal 16km seminggu ? 

Jantung Lebih Awet
Konon kata sumber, Pelari yang dengan konstan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan 39 persen lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah. Plus mereka juga akan jarang menumpuk kolesterol dalam pembuluh darahnya hingga 34 persen. jadi bisa diliat kalo sering lari, kita gak perlu pake jantung double power atau harus bawa powerbank kemana-mana *apasih

Tulang Anti Keropos
Masa tulang para pelari ternyata lebih baik dari atlet aerobik lainnya, demikian diungkapkan oleh University of Missouri. Para peneliti membandingkan kepadatan tulang para pelari dengan pesepeda. Ada sebanyak 63 persen pesepeda yang memiliki masa tulang yang jelek, sedangkan pelari hanya 19 persen. tuh buat yang udah deyek-deyek dan rentan keropos tulang mending mulai lari pagi dari sekarang, minum susu aja belom cukup!

Tidur lebih Puleessss
menurut sumber yang gue baca ini, dibilang kalo Para insomnia yang diminta untuk berlari, ternyata berhasil mempercepat waktu tidurnya hingga 17 menit dibanding saat mereka tidak berlari. Plus mereka tidur lebih lelap, bahkan sehari setelah berlari. yaa gimana engga, wong abis lari kan capek, pasti maunya langsung tidur kelessss....

Panjang Umur
Sebuah pengamatan terhadap 22 studi mengungkapkan, orang yang berlari 2,5 jam dalam seminggu akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 19 persen. Sedangkan penelitian lain mengungkapkan, orang yang aktif berolahraga akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 50 persen. jadi yang gue pahami adalah, panjang umur gak bisa lo capai hanya dengan diselametin pas ultah "met ultah, smoga panjang umur..." trus makan kue-gendut-obesitas-mati

jadi yuk sama-sama mulai lari pagi, minimal yang jaraknya bisa ditempuh sekitar 15 menit hehe. gue pernah yang 30 menit. dan itu capeeeekkkk!

You Might Also Like

0 comment