Gundahnya KKN

23.33

Apa sih rasanya KKN ? capek ? stres ? banyak banget programnya ? gak kok, biasa aja menurut gue. gak capek deh, malah banyak luangnya. ya kayak gue gini, tiap malem sama anak-anak gak jelas, ngobrol-ngobrol ketawa-ketawa gak jelas teriak-teriak haha. mana hobi baru cowok-cowok dlimas tiap malem kita tanding main CS (counter strike) via lan wifi. yaa lumayan isi waktu ya. gue mau coba jabarin sedikit deh kenapa KKN itu gak capek dan seperti apa sih KKN itu sebenernya, biar lo gak salah persepsi dari khayalan liar lo ! HAHA.
1. Internet = Kehidupan
ya ini penting banget deh di KKN. tanpa internet, rasanya hidup gue khususnya mungkin udah kayak zombie ya. gatau lagi mau ngapain. tapi emang bener sih, internet yang bikin kita bisa konek dan nyambung sama mahasiswa kkn di desa lain. Sayangnya pas kkn, terutama di desa terpencil, gak semua internet bisa terjangkau. salah satunya di desa dlimas. sinyal internet yang normal cuman pake simpati. pake indosat bisa, tapi busuk banget. apalagi pake tri, malah gak ada sinyal sama sekali. ini aja simpati sinyalnya cuma 1 bar, dan yaa mesti hebat-hebatan modem. kalo modemnya jelek ya bakal lelet banget deh. jadi persiapkanlah alat tempur berupa modem dan kartu yang tepat.

2. Laundry itu Prioritas
kalo gak ada laundry, berasa mati aja deh haha. bukannya lebay, contohnya gue, dari 14 anak KKN, yang nyuci baju hampir ga ada (baca: ga ada sama sekali). alias gak ada yang bisa ! ya paling cuma bisa ngerendem sama ngucekk trus jemur. tapi gue yakin ga ada yang bisa bener-bener bersih haha. dan laundry di desa itu jatohnya lama banget. dari kita naro baju, sampe keluar lagi itu rentang waktunya bisa seminggu !! haha, jadi persiapkanlah baju yang banyak kalo gue saranin. gue aja baju sehari satu haha. jadi jangan boros-boros deh. kalo celana sih sedikit aja, dipake lagi haha. apalagi kalo hujan, udah deh tuh celana bisa abis aja haha. mana di sini gue KKN hujan mulu, soalnya pas musim hujan jadi gak bisa ngapa-ngapain deh sedih banget haha.

3. Uang Bukan Segalanya
ya uang di desa bukan segalanya. karena indomaret dan lainnya jauh banget. di kkn, biasanya kita udah setor uang biaya bulanan ke rumah tinggal. contohnya gue yang udah bayar uang makan+tinggal ke sekdes. jadi makan udah disiapin 3x sehari. jadinya gue gak perlu repot buat nyiapin uang di dompet dsb. lagian di sekitar rumah rata-rata tuh gak ada warung, jadinya kalo mau jajan jauh banget asli. ketemu tempat jajan aja udah sukur banget hahaha. yaa beginilah KKN, kalo biasanya gue bisa ke burjo pas di semarang, tapi gue gak bisa ngapa-ngapain ih haha. gak ada burjo soalnya kasian ya ahahah.

4. Transportasi Pribadi Mutlak !
ya, minimal harus ada motor. bukan bohong, tapi ini kenyataan. terutama buat tipe orang kayak gue yang gak bisa diem. gue seneng banget jalan-jalan. so keberadaan motor berasa penting banget, contohnya kalo gue mau pergi jajan aja, jaraknya bisa 2km dari rumah tinggal kita di desa ckck. dan kalo numpang itu bakal ribet banget, jadi gue saranin yang cowok mending punya kendaraan pribadi. dan yang pasti, wajib ada LAMPU ! ini pengalaman pribadi, lampu motor gue mati pas di desa. dan gelapnya naudzubillah. lihat jalanan aja gak bisa ! beda sama di kota, yang lampu jalannya ada, dan tiap rumah terang. kalo di desa, lampu jalan gak ada, trus jarak antar rumah juga jauh banget. terutama desa gue yang harus lewat sawah dulu.

5. Jangan terlalu Idealis 
bukannya ngajarin lo pada buat jadi selow atau gimana, tapi bener deh pas kita harus terjun ke lapangan, memang kita gak bisa terus-terusan idealis. terkadang ada aja hal yang harus kita toleransi. lebih tepatnya kita menurunkan standar yang ada pada dunia kampus menjadi dunia nyata. seperti contohnya seperti bila ada acara yang perlu konsumsi buat hadiah anak TK. sebenernya gak perlu harus seragam semua, yang penting ada dan harganya setara aja udah cukup. kadang keterbatasan di desa karena jumlah pasokan barangnya gak sebanyak di kota. jadi selow bae aja biar enjoy. jadi sekali lagi yang perlu ditekankan, kalo didesa tuh banyak keterbatasan, namun juga banyak keberagaman yang kita gak pernah liat lho di kota.

6. Teman KKN itu Segalanya !
lebay gak sih ? haha, tapi kalo boleh bilang ini bener banget menurut gue. dari semuanya, temen KKN itu yang mampu bikin kita tetep strong, tetep enjoy, dan keep strugling dalam ngadepin segala masalah di KKN. jadi saran gue, sebisa mungkin jangan jadi orang egois di KKN. coba buat diri kita enjoy aja, dan toleransi sama yang lain. buat aja suasana se-menyenangkan mungkin. karena kalo uda crash awal-awal, gue yakin selama 30 hari lebih lo KKN, yang ada semuanya cuma berasa kaya neraka. sesedih-sedihnya tempat KKN gue, alhamdulilah gue ngerasa enjoy aja jalaninnya, karena temen-temen gue asik-asik, meski gue kordes yang sering dibully gara2 porsi makan gue yang naudzubillah haha. tapi gue selow karena enjoy, yes we can!

You Might Also Like

2 comment