Tradisi Tahlilan di Desa

00.07

Selama gue menempuh KKN di desa, gue menyadari bahwa Tahlilan merupakan salah satu hal sakral yang sering dilakukan di desa. Kalo biasanya tahlilan hanya dilakukan pada saat ada yang meninggal di Kota, ini tiap weekend selalu dilakukan disini. Jadi modelnya tiap malem jum'at ada tahlilan buat bapak-bapak. Lalu tiap malem sabtu ada tahlilan buat pemuda. Tiap malem senin ada tahlilan buat wanita dan ibu-ibu. Hebatnya acara tahlilan ini selalu diadakan tanpa putus !

Gue juga kagum, karena acara tahlilan gak diadain di masjid tapi di rumah warga. Dan itu selalu bergilir. istilahnya kayak arisan gitu. namun pas gue tanya, budaya arisan gak ada kalo di desa. Uniknya pas gue tanya sama Hana, katanya tahlilan di desa ini ngikutin aliran Nahdatul Ulama, soalnya ada pujian-pujian gitu seperti "amin ya allah" tapi dilantunkan kaya lagu.

yang amat gue sayangkan, kenapa ya baca tahlilannya cepet banget ? ASLI ! cepet banget. secepet-cepetnya baca huruf juga gak kaya gitu juga hahaha. ya mungkin karena uda pada hafal ya. tapi yang gue takut, apakah nanti bacanya gak 'kepeleset' ? kan kalo salah nanti beda arti ya. yaa cuma keheranan gue aja sih.

You Might Also Like

0 comment