Memanjakan Si Beat Merah

04.09

Motor kesayangan yang selalu nemenin gue kemana-mana di Semarang ini sudah nampak usang. Kasihan dia, dekil banget, kayak jomblo.. Setelah beberapa hari gue tinggal liburan ke bekasi, akhirnya gue memutuskan hari senin kemarin pergi ke bengkel buat ngasi 'pijet refleksi' buat si beat. Tujuan utamanya sih, selain biar motor jadi lebih enak dipake, juga buat persiapan gue kkn. Soalnya kalo motor gak beres, bisa bahaya nih perjalanan dari semarang ke batang.

Pas servis ke bengkel resmi honda, ternyata banyak masalah nih sama motor gue. Naas banget hidupnya, ada masalah tapi gak mau cerita sama gue.. *okeskip. Dari mulai masalah Belt Drive, atau istilahnya kayak rantai motorlah, itu mesti diganti katanya, karena udah aus banget. Trus ganti oli juga, termasuk oil gear, tune up dan cek lain-lain. Hingga vonis terbesar hari itu, yaitu masalah ban! Penyebab motor ini gak enak, bukan pada besarnya cinta velgnya. Tadinya gue kira velgnya oleng jadi gak enak, ternyata ban luarnya sudah keras sob. biasanya mah sudah gundul, ini malah sudah keras. Ya semacam karet panas jadi keras retak atau apalah.

So hari itu, gue mesti ganti ban luar juga. Akhirnya gue memutuskan buat ambil ban tubeless. Soalnya selama ini, pengalaman pake ban biasa, gue uda sering banget bocor. Termasuk pas survey pertama KKN gue ke batang. Gue memilih ban tubeless merek Corsa S01 buat beat, baik ban depan maupun belakang. Gue pribadi gak terlalu tau banyak soal ban, tapi harganya cukup kompetitif dan kata yang jual sih bannya kualitas terjamin.

Pas pemasangannya sendirii gue akuin cukup cepet ya, ternyata masang ban tubeless kayak masang ban biasa, bedanya pake mesin dan diolesin sesuatu dipinggirnya. Oke setelah siap, gue coba, hmm sejujurnya gue gak pernah ngerasain pake ban tubeless. rasanya ternyata lebih keras daripada ban biasa. Jalan rusak sedikit berasa banget ya, entah ini memang karena masih baru atau gimana. tapi yang gue baca di internet ternyata memang begitu sob! dan katanya ban tubeless ini memang sensitif soal tekanan angin. 
***
So, perawatan yang gue kasih buat si Beat Merah akhirnya kelar. Tarikan jadi lebih enak, bannya juga jd lebih responsif, tapi lebih kasar sama jalan. mungkin lama-lama enak hehe. Sialnya, perawatan kali ini sukses menjebol kantong! 300rb buat servis, dan 290 buat ban tubeless.. selamat bokek!

You Might Also Like

0 comment