Mengunjungi Surga Belanja Asia

17.13

changi airport
Kata yang sangat tepat untuk menggambarkan Singapore! sebuah negara kecil yang ada di peta tentunya, dan sangat keren sob! haha. Gak heran banyak banget orang yang mau berkunjung ke sana. Sebenernya cerita ini sendiri sudah dari agustus 2013 lalu ya, pas gue berangkat KKL (kuliah kerja lapangan) ke singapore dan thailand. Tapi segmen thailand bakal gue bahas selanjutnya ya. 

Singkat cerita sih, gue ada mata kuliah KKL, yang mana mewajibkan kita buat ekskursi ke suatu tempat gitu. Kebetulan gue ikut grup singapore ini sob, dan berangkatlah kita pas 22 Agustus 2013. Bayangin aja deh, yang berangkat
ada 60an orang! lho di grup ini, makin mumet aja ya kalo dipikir hehe. Perjalanan KKL sendiri dimulai dari semarang menuju jakarta, kemudian lanjut langsung ke singapur. 

bus station changi
Pas nyampe di singapur, beeuh, bandaranya keren cuy! jauh banget sama di Jakarta, apalagi semarang. gue langsung disambut sama bis travel disana, ada 2 bis utk memuat rombongan kita sob. Langsung deh kita meluncur naik bis. Enaknya di singapur, gak semacet di Indonesia hehe, dan kalo masuk jalan tol, bayarnya sudah pake digital, jadi gak kuno pake gardu bayar tol hehe. nah sebenernya gue agak lupa nih urutan tempat yang dikunjungin, hahaha, jadi gue ceritain per venue yang gue inget aja yak ! simak ye,



1. Orchard Road
salah satu spot di orchard
nah ini salah satu tempat wajib nih di singapur. Gue yakin lo juga pasti taulah ini. Daerah ini kalo gue bilang, itu keren banget. Selain lingkungannya yang tertata, juga bersih banget! Gak heran kenapa turis mancanegara banyak yang main kesini. Salah satu yang bikin gue kagum adalah sistem sirkulasi antar mall. Jadi dia tuh punya jalur bawah tanah yang menghubungkan mall dengan mall, sehingga kalo kita mau belanja, kita gak perlu nyebrang jalan buat ke mall seberang, gokil! dan bawah tanahnya pun isinya juga mall ! Jalur Pedestrian atau jalur pejalan kaki di sini gede banget, ada mungkin sekitar 3-4m. Jalur kendaraan sendiri bahkan gue lihat cuma 2 lajur kendaraan. tapi kalo soal harga, yaa gak beda jauhlah sama di Indonesia, sayangnya disana makanan mahal-mahal sob!

2. URA
maket super besar di URA
Ini sama aja kalo di indonesia tuh Kementrian Pekerjaan Umum. Jadi yang mengatur masalah pembangunan di seluruh singapur sampai ke detil-detilnya. Kepanjangan dari Urban Redevelpoment Authority. Uniknya, disini gak kaya di indonesia yang cuman kantor doang, disini ada gallery yang keren buat dipelajari. terdapat seluk-beluk pembangunan di singapur, bahkan sampai maket ukuran besar pulau singapur juga ada disini. Kerennya, di foto yang gue taro itu, yang gambar maket besar, itu gak cuman maket bro ! ada permainan cahaya laser dari atas. jadi kita nonton dari lantai 2, melihat serong kebawah gitu, dan ada pertunjukkan laser dimana bagian-bagian yang mau jadi titik pembangunan. KEREN ABIS !

3. Garden by The Bay
Kayaknya semua orang udah tau deh ini apa, yang gak tau kebangetan biasa aja. Satu hal sih yang mau gue bilang soal tempat ini.. AMAZING ! kalo lo main ke singapur, lo wajib banget kesini. Selain tempatnya yang keren, baik dari segi lansekap dan arsitektural, juga terdapat berbagai tempat edukasi, seperti gimana merawat kebun 'rumah kaca' dan lainnya. Gue rasa tempat kayak gini belom ada di Indonesia, yang mana ada tempat keren, tertata rapi dan bukan buat hiburan, melainkan mencari ketenangan, keindahan, kesejukan, dan edukasi.

garden by the bay
Selain itu, kalo kita jalan-jalan disini, kita gak perlu ngeluarin duit! tapi kalo mau masuk ke Rumah Kacanya mesti bayar sih hehe. Dan pengalaman unik yang gue dapet disini adalah... gue bisa minum dari air keran :') mengharukan banget hahahaha. rasanya mau gue isi segalon trus gue bawa pulang *okeskip.


4. Henderson Waves
henderson wave (foto keren ada di IG)
Salah satu jembatan terkeren yang ada di Asia nih ! jembatan ini bisa dibilang gak cuman sekedar jembatan yang fungsinya buat menyebrang, tapi juga seperti ikon. Dimana fungsinya sendiri bisa jadi tempat ngumpul, tempat jogging, dan foto-foto keren hehe. Gila aja, ni jembatan tinggi banget lho dari permukaan tanah. Soalnya jembatan ini menghubungkan bukit dengan bukit. Pas kami menuju jembatan ini, rasanya capek banget ! jadi gue mesti naikin tangga, tinggi banget, kayak di film-film kalo mau menuju kuil gitu. nanti dipuncak baru ketemu jembatan ini. Dibuatnya dari rangka baja, namun lantainya berbahan kayu, bagus deh tatanan kayu dan kurva bajanya. Buat yang takut ketinggian, mending gausa kesini hahahaha!


5. DP Architect
Namanya juga kunjungan arsitektur ya, gak apdol kalo belom berkunjung ke konsultan arsitek setempat kan. Nah kebetulan ada salah satu konsultan ternama yang juga sering bikin bangunan di Indonesia sob! namanya DP Architect. Lokasi kantornya aja keren... di mall =..= kebayang kan ? kalo mau jajan tinggal ke toko sebelah uda ada mcd haha. DP ini bisa dibilang keren banget ya, beruntung pas kami kesana diberi banyak buku asli dari DP, sangat mengagumkan!

Lucunya pas kami kesana, ternyata ada juga senior dari undip yang kerja disana lho, wiih keren banget! pas balik ke semarang tau ga ? gue langsung cari nama-nama senior di database yang kerja di luar negri, dan gue tanyain satu-satu hahaha *niat bgt

6. Resto Prasmanan
nah ini nih yang paling penting dari semuanya HAHAHA. Jadi pas perjalanan, rombongan selalu makan di resto prasmanan atau buffet yang udah di planning sama travel. dan setiap kali kita makan buffet, semua anak seolah berubah jadi monster buas, yang makannya bisa berkali-kali bolak balik sampe meledak. Dan uniknya, hampir di setiap resto ada, itu adalah sosis! gak tau kenapa, tapi menu ini selalu ada, dan jadi inceran juga. meski lama-lama juga pada muak liatnya hehe.
salah satu resto tempat kami makan

entah kenapa, dibanding perjalanan lain selama ini, gue ngerasa kkl ini seru banget. Selain tujuannya yang bener-bener 'baru', dimana kita ngobrol sama orang asing aja mesti pake bahasa inggris walau belepotan. Mungkin karena pengalaman selama 8 hari kami bareng-bareng yang bikin perjalanan ini makin asik. Ada juga yang bangun tidur dari hotel kesiangan, Ada juga yang pas jalan-jalan tau-tau ngilang, Ada juga yang kopernya ngelebihin limit bagasi pas pulang hahaha.

You Might Also Like

0 comment